62 ODP di Pessel Dikarantina di Rusunawa Painan Mulai Hari ini

62 ODP di Pessel Dikarantina di Rusunawa Painan Mulai Hari ini Rusunawa Kampung Muaro Painan, Kabupaten Pessel, yang dijadikan ruang isolasi ODP. (Istimewa)

Covesia.com - Sebanyak 62 Orang Dalam Pantaun (ODP) di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) akan dikarantina di Rumah Susun Sewah Painan, mulai hari ini Senin (30/3/2020). 

Kabag Humas dan Protokoler Setda Pesisir Selatan, Rinaldi, mengatakan sebanyak 62 ODP akan di karantina di Rusunawa yang terletak di Kampung Muaro Painan, yang dijadikan tempat isolasi ODP.

"62 ODP besok akan dikarantinakan di ruang isolasi yang telah disediakan oleh Pemkab Pessel," sebutnya.

Ia menambahkan, sementara untuk yang lainnya, ODP masih diisolasikan dirumah mereka masing-masing. 

"Yang lain, mengisolasi diri sendiri di rumahnya masing-masing," ujarnya.

Karena katanya, 62 orang yang harus di isolasi di Rusunawa itu, adalah mereka yang pernah kontak langsung dengan pasien positif Covid-19. 

"Mereka ODP 62 itu, adalah orang yang mengalami kontak langsung dengan pasien positif Covid-19, dan PDP yang dirawat," ujarnya lagi.

Lanjutnya, untuk proses isolasi pihak dari pemkab menyediakan berbagai fasilitas lengkap. 

Seperti, setiap kamar memiliki kamar mandi dan tempat tidur, serta dijaga ketat oleh Satpol-PP dan Polisi. 

"Tidak bisa keluar masuk seenaknya, kecuali tenaga medis," katanya.

Kemudian lanjutnya lagi, pihak dari Pemkab juga akan menugaskan petugas medis untuk melakukan pengecekkan kesehatan ODP yang dikarantina.

"Beberapa orang tenaga medis siaga di tempat isolasi dengan peralatan lengkap. Dan akan memastikan setiap kondisi ODP yang di karantina," tutupnya.

Diketahui, berdasarkan perkembangan data penanganan dan pencegahan Covid-19 di Pessel, pada Minggu (29/3/2020) pukul 13.00 WIB, yang disampaikan oleh Kepala Bagian (Kabag) Humas, Rinaldi, warga yang berstatus Orang Dalam Pantauan (ODP) bertambah menjadi 103 orang.

Dari sebelumnya, pada Sabtu (28/3/2020) warga yang berstatus ODP berjumlah 89 orang.

Kemudian, untuk warga berstatus Pasien Dalam Pantauan (PDP) masih berjumlah 3 orang.

"Dua diantaranya, dirawat di RSUD M.Zein Painan, satu dirawat di RSUP M.Djamil Padang, dan satu yang dinyatakan positif Covid-19 juga sedang dirawat di RSUP M.Djamil Padang,"ungkapnya pada Covesia.com melalui telepon seluler Minggu (29/3/2020).

Sementara tambahnya, untuk orang berstatus notifikasi atau orang yang kembali dari daerah terjangkit tercatat berjumlah 897 orang, dari sebelumnya berjumlah 477 orang.

(idy/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga