Kepala Staf Militer Filipina Positif Terpapar Covid-19

Kepala Staf Militer Filipina Positif Terpapar Covid19 Kepala staf Pasukan Bersenjata Filipina Lt Gen Felimon T Santos JR (kiri) (Antara/AFP)

Covesia.com - Kepala staf Pasukan Bersenjata Filipina (AFP) Felimon Santos Jr. terbukti positif terpapar virus corona, sementara Menteri Pertahanan Delfin Lorenzana akan menjalani karantina mandiri setelah melakukan kontak dengan Santos.

AFP melalui pernyataan pada Jumat menyebutkan bahwa Santos melakukan pemeriksaan pada Senin dan menerima hasilnya pada Jumat (27/3/2020), menambahkan dirinya "baik-baik saja dan dalam kondisi sehat" namun akan diawasi secara ketat oleh dokter dari rumah sakit militer.

Menurutnya, Santos kemungkinan tertular virus dari pejabat Angkatan Laut yang memiliki riwayat perjalanan ke Yordania. Ia akan menjalani karantina ketat di rumah selama 14 hari, mulai 27 Maret hingga 10 April.

Menteri Pertahanan Lorenzana, yang mengaku bertemu dengan Santos baru-baru ini setidaknya dua kali, memutuskan untuk mengisolasi diri mulai Jumat.

"Saya tidak memiliki gejala namun protokol mengatakan saya harus menjalani karantina mandiri selama 14 hari," kata Lorenzana.

Hingga kini Filipina mencatat 707 kasus COVID-19, termasuk 45 kematian.

Sejumlah pejabat tinggi yang juga terinfeksi di antaranya tiga senator dan sejumlah anggota DPR.

Anggota parlemen dan anggota kabinet pemerintahan Duterte memutuskan untuk melakukan karantina.

(ant/dnq)

Berita Terkait

Baca Juga