Satu Orang Dinyatakan Positif, Warga Berstatus Notifikasi dan ODP di Pessel Terus Bertambah

Satu Orang Dinyatakan Positif Warga Berstatus Notifikasi dan ODP di Pessel Terus Bertambah Ilustrasi

Covesia.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) mencatat warga yang berstatus Notifikasi dan ODP terus bertambah setelah ditetapkannya warga daerah tersebut, dinyatakan positif Covid-19. 

Berdasarkan pembaruan data penanganan penyebaran Covid 19, di Kabupaten Pesisir Selatan, sampai pukul 12. 00 WIB Jumat (27 Maret 2020), oleh Kepala Bagian (Kabag) Humas, Rinaldi, warga berstatus Notifikasi bertambah menjadi 282 orang, dari sebelumnya berjumlah 171 orang. 

Kemudian, untuk status Orang Dalam Pemantauan (ODP) juga bertambah menjadi 82 orang, dari sebelumnya 13 orang. 

Sementara, orang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) masih tiga orang, dan satu dinyatakan positif Covid-19, yang saat ini tengah dirawat di RSUP M. Djamil Padang.

"Tiga orang yang berstatus PDP, dua dirawat di RSUP M.Djamil Padang, satu dirawat di RSUD M. Zein Painan, dan untuk hasil kita masih menunggu," sebutnya kepada Covesia.com, Jumat (27/3/2020).

Menyikapi persoalan satu orang dinyatakan positif Covid-19 kata Rinaldi, Pemkab Pessel, sudah mengambil langkah seperti, menelusuri ke belakang siapa saja yang pernah kontak dengan pasien yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut. 

"Kita dari pemerintah sudah melakukan upaya penelusuran siapa saja yang sempat kontak langsung dengan pasien positif Covid-19," ujarnya.

Kendati demikian katanya lagi, pemerintah mengimbau agar warga menghindari kerumunan keramaian dan menjaga pola hidup sehat diantaranya sebagai berikut:

Pertama, tetap jaga jarak (physical distanding), hindari kerumunan. Kedua, rajin cuci tangan, apalagi sebelum memakan sesuatu. Ketiga, olah raga teratur dan upayakan berjemur di sinar matahari (sinar ultraviolet pukul 9 sd 11 pagi), sekira 10  sampai 15 menit.

Kemudian keempat, rajin mengonsumsi makanan sehat dan bergizi agar imunitas tubuh meningkat. Kelima, kalau badan kurang sehat, usahakan memakai masker. 

Lanjutnya keenam, jangan keluar rumah jika tidak ada keperluan yang sangat mendesak. 

"Muda-mudahan dengan usaha dan pola hidup sehat, kita bisa bersama-sama saling membahu agar penyebaran Covid-19 tidak merebak lebih banyak lagi," tutupnya.

(idy/rdk)


Berita Terkait

Baca Juga