Warga Tetap Salat Jumat Meski MUI Pessel Keluarkan Maklumat

Warga Tetap Salat Jumat Meski MUI Pessel Keluarkan Maklumat Jamaah salat Jumat di Taratak Pessel. Sumber: Istimewa

Covesia.com - Warga di Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) masih tetap melaksanakan shalat Jumat berjamaah di setiap masjid yang ada di daerah itu, pada Jumat (27/3/2020). 

Pantauan Covesia.com sekitar puluhan mesjid yang ada di Kecamatan itu, masih tetap melaksanakan shalat Jumat meski sudah ada maklumat dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pessel. 

Di mana dalam maklumat MUI Nomor: 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam situasi Wabah Covid-19 sudah final, karenanya perlu dipahami untuk dipatuhi untuk keselamatan dan kesehatan bersama. 

Maklumat itu juga berlandaskan dengan adanya salah seorang warga Pessel yang dinyatakan positif Covid-19.

Namun, pada pukul 12.00-13.00 WIB, warga setempat masih ramai ke masjid-masjid yang ada, untuk melaksanakan shalat Jumat berjemaah.

"Saya masih tetap pergi ke masjid untuk salat karana kesepakatan di sini belum ada. Masjid masih dibuka dan sebelum azan ayat suci Al-Quran masih dilantunkan," sebut Ronal (24) pada Covesia.com usai melaksanakan salat Jumat berjemaah di Masjid Nurul Iman Pasar Taratak Sutera.

Salat Jumat pun masih dilaksanakan seperti biasanya, dan jemaah cukup ramai sama dengan hari-hari sebelumnya.

Sementara warga lain di Aur Duri Surantih, Kecamatan Sutera Pessel, Hendri (35) mengatakan, salat Jumat berjemaah masih dilaksanakan di Mesjid Nurul Ula.

"Tadi masih ramai jamaah yang melaksanakan salat Jumat, dan prosesnya masih sama dengan biasanya," singkatnya.

(idy/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga