Meski Sudah Ada Imbauan MUI, Masih Ada Warga Pariaman Salat Jumat

Meski Sudah Ada Imbauan MUI Masih Ada Warga Pariaman Salat Jumat Foto: Pelaksanaan salat Jumat di Masjid Raya Piaman, Jumat (27/3/2020). (Peri Musliadi/covesia)

Covesia.com - Meski Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pariaman sudah mengeluarkan maklumat atau imbauan agar tidak melaksanakan salat Jumat, namun sebagian masyarakat di kota itu masih ada yang melakukannya.

Seperti halnya yang terjadi di Masjid Raya Piaman, salah satu masjid yang terletak di Kota Pariaman pada Jumat (27/3/2020).

Pantauan covesia.com di lokasi bahwa masjid tersebut dipadati oleh jamaah, dengan terlihatnya sebagian jamaah sampai salat di luar masjid.

Sebelumnya, MUI Kota Pariaman sudah mengeluarkan maklumat agar masyarakat tidak melaksanakan salat Jumat untuk sementara waktu di tengah wabah virus Corona atau Covid-19 yang melanda sebagian wilayah di Indonesia.

Dalam maklumat tersebut, shalat Jumat dapat diganti dengan shalat dzuhur di rumah masing masing. Demikian juga dengan shalat fardhu lima waktu.

Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan memutus mata rantai penyebaran virus corona yang mengkwatirkan.

"Makanya itu meminta agar seluruh pengurus masjid di Kota Pariaman agar meniadakan shalat Jumat dan shalat fardhu berjamaah di masjid untuk sementara waktu,” kata ketua Komisi Fatwa MUI Kota Pariaman, Zulkifli Zakaria, pada Jumat (27/3/2020).

Namun kata Zulkifli, pengurus masjid tetap diminta mengkumandangkan adzan setiap masuk waktu shalat tanpa membuka masjid dan mushala untuk shalat berjamaah.

"Semoga saja dengan hal ini bisa meminimalisir penyebaran Covid-19 ini," ujarnya.

(pri)

Berita Terkait

Baca Juga