Pasien Positif Covid-19 Sumbar Bertambah Jadi 6 Orang, Gubernur Sumbar: Kemungkinan Nambah Lagi

Pasien Positif Covid19 Sumbar Bertambah Jadi 6 Orang Gubernur Sumbar Kemungkinan Nambah Lagi Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno (laila)

Covesia.com - Jumlah warga Sumatera Barat yang positif terjangkit COVID-19 bertambah menjadi 6. Jumlah ini didapat setelah Labor Fakultas Kedokteran Unand mengeluarkan hasil uji spesimen.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan, hingga Jumat (27/3/2020) siang, memang terjadi penambahan satu pasien yang dinyatakan positif. Namun ada kemungkinan akan bertambah karena ada satu hasil uji labor yang dicek ulang.

"Sekarang nambah satu lagi jadi 6. Namun demikian, kemungkinan bertambah ada, karena ada satu yang dicek ulang," kata Gubernur Irwan kepada wartawan di aula kantor Gubernur.

"Kalau positif, akan nambah satu lagi (jadi tujuh). Tapi yang sudah confirmed baru 6," tambah dia.

Irwan, yang didampingi Wakil Gubernur Nasrul Abit, menyatakan warga baru yang positif itu merupakan tenaga medis. Namun ia tak memerinci asal sang pasien.

"Dirawat di (Rumah Sakit) M Djamil," jelas Irwan.

Ia belum bisa memastikan berapa banyak lagi spesimen yang sedang diperiksa di laboratorium. Yang jelas, ada informasi pemeriksaan dilakukan terhadap 28 pasien.

Politikus senior PKS itu mengatakan pemeriksaan tidak lagi dilakukan di Balitbang Kemenkes, melainkan sudah di Labor Fakultas Kedokteran Unand.

"Jadi sejak kemarin kita tidak lagi mengirim spesimen ke pusat. Cukup kita saja, nanti pusat akan menyesuaikan datanya dengan kita," Irwan menjelaskan.

"Saya sudah dapat izin dari Pak Doni Monardo (Kepala BNPB) untuk menyampaikan data-data secara real time berdasarkan lab dari Unand, karena lab Unand sudah mendapatkan persetujuan dari Kemenkes sebagai jejaring Litbang Kemenkes," katanya lagi.

Saat ini terdapat 22 pasien dalam pengawasan (PDP) yang menjalani isolasi di beberapa rumah sakit di Padang dan Bukittinggi. Sementara 818 orang masuk daftar ODP atau orang dalam pemantauan.

(detikcom)

Berita Terkait

Baca Juga