Ada Wabah Corona, Audy Minta Institusi Keuangan di Sumbar Beri Kelonggaran Terhadap UMKM

Ada Wabah Corona Audy Minta Institusi Keuangan di Sumbar Beri Kelonggaran Terhadap UMKM Audy Joinaldy

Covesia.com - Institusi keuangan di Sumatera Barat (Sumbar) harus mengikuti arahan pemerintah pusat untuk membantu unit-unit usaha yang saat in tengah anjlok akibat wabah corona. 

Audy Joinaldy, Tokoh Milenial Sumbar meminta intitusi keuangan seperti bank atau leasing agar bisa memahami kondisi masyarakat. DIa mengharapkan masyarakat yang usahanya terdampak dari wabah corona agar bisa diberikan kelonggaran dalam pembayaran cicilan utang.

"Khususnya UMKM, petani, peternak, nelayan dan ojek online dengan menunda tagihan kepada stakeholders tersebut," ujar Audy Joinaldy melalui pesan Whats App kepada Covesia.com, Jumat (27/3/2020).

Dia mengatakan bahwa hal tersebut sebaiknya dilakukan institusi terkait dalam jangka waktu yang tidak ditentukan sampai wabah COVID-19 berlalu serta ekonomi kembali pulih.

Audy menjalaskan, setelah wabah berlalu, perekenomian akan kembali pulih dalam rentang waktu enam bulan bahkansampai waktu satu tahun.

Dia juga menyarankan agar pemerintah membuat matriks berdasarkan skala usaha untuk membantu unit-unit usaha di tanah air dan di Sumbar.

"Hal tersebut bertujuan untuk menentukan besaran atau bantuan terhadap mereka. Bisa dalam insentif pajak, stimulus ekonomi, dan hal lainnya," tuturnya.

Selain itu, Audy juga mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat guna antisipasi penyebaran virus Corona. Menurut Audy, setiap kita harus memastikan selalu menjaga kebersihan.

"Pastikan tangan kita dalam kondisi bersih, caranya dengan selalu mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan menggunakan sabun," jelasnya dalam unggahan video yang dikutip covesia.com, Sabtu (21/3/2020).

Selain itu, ia juga menyarankan kepada siapa pun yang batuk dan bersin agar menutup mulut dan hidung dengan lengan yang ditekuk. "Jangan tutup dengan telapak tangan," ujarnya.

Audy mengatakan untuk yang mengalami gejala flu dan sedang tidak enak badan agar di rumah saja, juga menghindari kontak langsung dengan orang yang mengalami gejala flu.

"Jika terpaksa harus melakukan kontak sebaiknya gunakan alat pelindung diri (APD)," jelasnya.

Selain hal tersebut ia pun menyarankan untuk yang merokok segera berhenti. Serta untuk yang memasak daging dan telur agar memasak hingga benar-benar matang.

(fkh)

Berita Terkait

Baca Juga