#SumbarLockdown jadi Trending Topic, Pemprov: Kewenangan Pemerintah Pusat

SumbarLockdown jadi Trending Topic Pemprov Kewenangan Pemerintah Pusat Jasman Rizal

Covesia.com - #SumbarLockdown jadi trending topic di Twitter. Berdasarkan pantauan Covesia, Kamis (26/3/2020) hingga 20.23 WIB, sudah terdapat 4.877 tweet dengan tagar "SumbarLockdown".

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) buka suara soal desakan lockdown atau karantina wilayah untuk Provinsi Sumbar dari netizen tersebut. 

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Pemprov Sumbar Jasman Rizal mengatakan bahwa kebijakan lockdwon merupakan kewenangan pemerintah pusat. Pemerintah daerah, kata Jasman, tidak berwenang menetapkan kebijakan tersebut.

"Jadi, clear kan," ujarnya saat diwawancarai rekan-rekan pers di Rumah Dinas Gubernur Sumbar, Kamis (26/3/2020) malam.

Dia menuturkan bahwa Pemprov Sumbar tidak bisa mengambil langkah-langkah lebih lanjut jika regulasi bahwa pemerintah daerah boleh menetapkan kebijakan lockdwon jika belum ada dari pusat.

"Sepanjang itu belum ada regulasi dari pusat, tentu kita tidak bisa mengambil langkah-langkah lebih lanjut," tegasnya.

Perlu diketahui, desakan lockdown trending topic di Twitter usai ditemukannya lima kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Sumbar. 

Salah seorang nya yaitu Andre Rosiade yang merupakan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dari Daerah Pemilihan Sumbar. Melalui akun Twitter-nya, @andre_rosiade, meminta Gubernur Sumbar Irwan Prayitno untuk menjawab aspirasi masyarakat tersebut.

Berikut cuitan politisi Partai Gerindra itu. 

"Pak Gub  @irwanprayitno. Saat ini sudah ada warga Sumbar yg positif Corona. Byk masyarakat Sumbar yg menginginkan Sumbar segera Lockdown. Agar bisa mengurangi penyebaran Wabah Corona. Sbg Anggota DPR RI Dapil Sumbar 1. Sy meminta bpk bertindak cepat menjawab Aspirasi masyarakat."

(fkh)

Berita Terkait

Baca Juga