Beredar Isu RSUP M Djamil Rawat 2 Pasien Positif COVID-19, Ini Tanggapan PPID

Beredar Isu RSUP M Djamil Rawat 2 Pasien Positif COVID19 Ini Tanggapan PPID Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi PPID M Djamil Padang Gustavianof

Covesia.com - Pesan pendek yang menyebutkan bahwa ada 2 pasien yang positif COVID-19 yang sedang dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang beredar di percakapan Whatsapp.

Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi PPID M Djamil Padang Gustavianof mengatakan bahwa dirinya belum bisa memastikan apakah informasi tersebut benar atau tidak.

"Namun, hingga Rabu kemarin, hasil pemeriksaan dari Litbangkes (Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan) Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa 12 pasien yang dirawat di M Djamil terkonfirmasi negatif," ujarnya saat diwawancarai Covesia.com di RSUP M Djamil, Kamis (26/3/2020).

Gustavianof menuturkan bahwa, sampai saat ini, dia belum mendapatkan data resmi bahwa ada pasien yang terkonfirmasi positif terjangkit virus corona yang dirawat di rumah sakit. 

"Apakah benar data (informasi yang beredar) tersebut, kami belum bisa mengatakan seperti itu. Karena yang bersangkutan dari mana dapat datanya," ujarnya.

Oleh karena itu, dia mengimbau masyarakat untuk berhati-hati menerima informasi. "Mari sama-sama kita menunggu data resminya, hasil pemeriksaan dari lembaga yang berwenang," ujarnya.

Selain dari Badan Litbangkes, RSUP M Djamil Padang juga mengirimkan swab ke Laboratorium Universitas Andalas untuk uji sampel. Ada 8 orang pasien yang sedang dirawat di RSUP M Djamil Padang yang sedang menunggu hasil pemeriksaan.

"Mari sama-sama kita tunggu hasilnya," ujarnya.

Adapun pesan pendek yang beredar di percakapan Whatsapp tersebut ditulis dalam bahasa Inggris yaitu sebagai berikut.

"need to check, but news just in.

2 confirmed covid cases now in m djamil. 

stay safe, stay strong bros and sis.

let’s wait for the confirmation.

hope for the best, prepare for the worst.

winter has come."

(fkh/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga