Ekonom : Polemik Pemilihan Direksi Bank Nagari Bisa Berdampak Pada Ekonomi Sumbar

Ekonom  Polemik Pemilihan Direksi Bank Nagari Bisa Berdampak Pada Ekonomi Sumbar Ilustrasi

Covesia.com - Polemik Pemilihan Direksi Bank Nagari antara Gubernur Sumbar Irwn Prayitno dn Ketua DPRD Sumbar, Supardi belum menemui jalan terangnya. 

Pengamat Ekonomi Unand, Prof Syafrudin Karimi menilai jika tidak segera berhenti, dampaknya akan luas terhadap ekonomi Sumbar.

"Faktanya mereka adalah politisi. Mereka harus menyadari perilaku politik mereka bisa ciptakan risiko terhadap ekonomi Sumbar," ungkap Syafrudin kepada Covesia Selasa (24/3/2020).

Polemik ini harusnya segera di selesaikan. "Ini kepentingan menyelamatkan bank mik daerah. Jadi mereka harus segera kembali ke aturan yang benar. Jangan ada gengsi dan egoisme politik,"terangnya. 

Dikatakan Syafrudin dampak ekonomi yang paling ditakutkan adalah hilangnya kepercayaan atau trust publik kepada Bank Nagari. 

"Bisnis bank adalah bisnis kepercayaan. Kalau publik hilang trust, habislah bisnis bank. Tinggallah dia hanya sebagai bank pemda, menampung dan kelola uang pemda," ungkapnya. 

Ia menyarankan polemik ini diselesaikan segera mungkin. Kembali ke aturan yang wajib menjadi pedoman agar Bank Nagari tidak kehilangan kepercayaan. 

Selayaknya, perekrutan pimpinan Bank Nagari sesuai dengan aturan, agar Bank Nagari tampil sebagai bank dengan governance yang baik dan trust publik terjaga.

(ila/utr)

Berita Terkait

Baca Juga