Hari Pertama Lab Biomedik Unand Periksa 28 Spesimen PDP Sumbar, Hasilnya Selesai Besok

Hari Pertama Lab Biomedik Unand Periksa 28 Spesimen PDP Sumbar Hasilnya Selesai Besok Wagub Sumbar Nasrul Abit (Foto: Covesia)

Covesia.com - Hari pertama beroperasi, lab biomedik Universitas Andalas memeriksa 28 sample Spesimen Pasien Dalam Pemantauan (PDP). Hal tersebut disampaikan oleh wakil gubernur Sumbar, Nasrul Abit sesaat setelah mengikuti rapat penanganan Covid-19 dengan DPRD Sumbar.

"Update terbaru Corona di Sumbar hari ini untuk ODP 483, sedang PDP 28 orang. Yang 28 ini sedang di uji samplenya di lab Unand dan besok insyaallah sudah selesai hasilnya," ungkap Nasrul kepada wartawan , Selasa (24/3/2020).

Lebih lanjut Nasrul berharap besok ada kemajuan dari hasil uji sample di Unand. "Jika negatif kita bisa pulangkan pasien karena kita keterbatasan ruangan," ujarnya.

Disebutkan Nasrul sekarang yang tersedia, di M Djamil ada 17 ruangan, di RS Ahmad Muchtar 12 ruangan, itu sudah full semua. "Di Pariaman ada 3 dan Solok 4, jikanunand telah selesai kamar mandinya di sana ada 23," ungkapnya.

Tak hanya itu, pemerintah juga tengah meninjau tempat lain untuk kesiapan ruangan perawatan pasien dalam pemantauan ini.

"Saya akan ke Diklat cek persiapan, jika terjadi lebih banyak kita sudah siap-siap sekarang. Kita mau hitung berapa ada kamar berapa," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Nasrul mengajak masyarakat untuk patuh dengan imbauan pemerintah.

"Tidak usah keluar rumah, kantor sudah tutup, sekolah sudah libur, guru sudah libur, satu-satunya cara kita agar kita tak terdampak Corona ini ya dengan tidak keluar rumah," jelasnya.

Ia mengatakan di China Corona bisa mengatasi dalam 2 Minggu karena semua orang patuh. "Mari tetap tinggal di rumah demi kebaikan kita bersama," harapnya.

(ila/utr)

Berita Terkait

Baca Juga