Miris! Siswa SDN 38 Piladang Terpaksa Belajar di Bekas Rumdin Guru

Miris Siswa SDN 38 Piladang Terpaksa Belajar di Bekas Rumdin Guru Kondisi SDN 38 Piladang Kecamatan Palembayan Agam.

Covesia.com - Sarana dan prasarana merupakan salah satu faktor penting dalam proses belajar mengajar di sekolah. Peralatan, media pembelajaran serta kondisi bangunan sangat berpengaruh kepada semangat dan pemahaman siswa dalam menimba ilmu.

Agaknya hal itulah yang didambakan siswa kelas 1,2 dan 3 Sekolah Dasar Negeri (SDN) 38 Jorong Piladang, Nagari Ampek Koto Palembayan, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Siswa dari 3 kelas ini terpaksa menimba ilmu dalam ruangan jauh dari kata layak yaitunya berupa tiga unit bangunan sejajar yang dalam kondisi rusak berat.

Kepala SDN 38 Piladang Armainda menjelaskan, sebelumnya bangunan tersebut diperuntukkan untuk rumah dinas guru namun tidak dipakai karena dalam kondisi rusak berat. Atap dan lotengnya banyak yang bolong dan sudah lepas, tidak ada jendela, serta pintu sudah banyak yang rusak. Tidak cukupnya ruangan belajar memaksa pihak sekolah untuk memanfaatkan bangunan tua tersebut.

"Sekolah kita hanya memiliki 1 bangunan yang dibagi menjadi 4 ruangan, 1 ruangan dipakai untuk kepala sekolah, guru  perpustakaan, UKS dan lainnya, sementara itu tiga ruangan lagi dipakai untuk kelas 4,5 dan 6. Untuk mengisi kekurangan kelas 1,2 dan 3 kita manfaatkan bangunan bekas rumah dinas guru yang terletak berhadapan dengan bangunan sekolah," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com Jum'at (28/2/2020).

Dikatakannya kondisi bangunan membuat siswa tidak nyaman dalam belajar, jika cuaca panas, titik-titik cahaya matahari menembus lubang atap dan membentuk cahaya di lantai sekolah, namun jika hujan lubang-lubang tersebut menjadi celah tetesan air dan bisa membanjiri ruangan.

"Jika hujan atap akan bocor, siswa disuruh menggeser meja ketempat yang lebih kering, jadi letaknya sudah tidak beraturan, bahkan ada atap ruangan yang sudah lepas tetasan hujan akan langsung masuk kedalam ruangan, jika curahnya tinggi lokal bisa kebanjiran, siswa terpaksa tidak belajar," katanya.

Sementara itu Ketua Umum Gerakan Pemuda Peduli Kecamatan Palembayan (GPPKP), Rusman Hakim menuturkan, ruangan kelas 1,2 dan 3 SDN 38 memang kondisinya sangat memprihatinkan. Pihaknya meminta kondisi tersebut bisa menjadi perhatian pihak pemerintahan Pemerintah Daerah.

"Kita sudah melihat kondisi bangunan, solusinya memang harua dibuatkan bangunan baru. Untuk Kecamatan Palembayan saat ini ada 5 orang diamanatkan menjadi Wakil rakyat di DPRD Kabupaten Agam, kita berharap orang-orang pilihan tersebut bisa menyuarakan aspurasi ini di Daerah," kata Rusman Hakim.

Selain itu disekolah juga tidak ada kegiatan shalat berjamaah layaknya SDN yang lain, hal itu disebabkan tidak adanya mushalla dan tempat berwuduk. "Saat ini sekolah hanya  punya WC 1 unit itu pun tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal," jelasnya.

Beruntungnya nasib para siswa SDN 38 Piladang mendapat perhatian dari perantau Kecamatan Palembayan, para pencari rizki  jauh dari kampung halaman ini mau membantu untuk membangun musala mini untuk para siswa, saat ini pihaknya masih dalam pengurusan proposal dan dalam waktu dekat akan diajukan.

Menanggapi permasalahan tersebut, Kepala Dinas Pedidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Agam Isra melalui Kabid Pembinaan Sekolah Dasar (KPSD) Endri Sasman menjelaskan, pihaknya selalu melakukan pendataan meliputi kondisi sekolah-sekolah dibawah naungan Disdikbud Agam.

"Kita sudah memiliki data sekolah-sekolah yang memang perlu perbaikan ataupun relokasi salah satunya SDN 38 Piladang ini, kita juga akan mengajukan beberapa bangunan sekolah untuk perbaikan tahun depan dan penambahan lokal yang harus di tambah sekitar 3 lokal lagi di SDN 38 Piladang," tuturnya.

Namun demikian, ulas Endri Sasman, pihaknya belum bisa menyebutkan datanya karena masih dalam pembahasan dan pengajuan dari Dinas Pendidikan Agam nantiknya hal itu disebabkan ada yang diusulkan diperbaiki dengan APBD ada yang dengan Dana Alokasi Khusus (DAK).

(agg)

Berita Terkait

Baca Juga