Perangkat Nagari di Pessel Berpeluang Dapatkan KCU Rp50 Juta di Bank Nagari

Perangkat Nagari di Pessel Berpeluang Dapatkan KCU Rp50 Juta di Bank Nagari Bank Nagari Cabang Painan, Kabupaten Pesisir Selatan. Foto: Indra Yen

Covesia.com - Dua Kantor Cabang Bank Nagari di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) membuka peluang Kredit Cicilan Uang (KCU) bagi perangkat nagari yang ada di daerah tersebut. Dua kantor cabang Bank Nagari itu diantaranya, Bank Nagari cabang Painan dan Bank Nagari cabang Tapan.

"Ya, semua perangkat nagari di Kabupaten Pessel, bisa mendapatkan KCU di dua cabang Bank Nagari yang telah kita tentukan itu," sebut Pimpinan Bank Nagari Cabang Painan, Almayzar kepada Covesia.com, Jumat (28/2/2020).

Ia menjelaskan, untuk mendapatkan KCU, perangkat nagari bisa melampirkan beberapa persyaratan yaitu, perangkat Desa/Nagari yang terdiri dari Sekretaris Desa/Nagari, Pelaksana Kewilayahan dan Pelaksana Teknis yang dibuktikan dengan SK Pengangkatan. 

Kemudian, gaji perangkat dibayarkan melalui rekening tabungan debitur di PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat, atau Bank Nagari.

Sementara, untuk syarat yang mesti dilengkapi yaitu fotocopy KTP, KK dan slip gaji terakhir, SK Pengangkatan sebagai perangkat desa/nagari, fotocopy NPWP, surat kuasa pendebetan rekening tabungan, surat kuasa memotong gaji dan pernyataan debitur mengenai pembayaran gaji.

"Jika, persyaratan lengkap, kami akan mempercepat pelayanan dan pencairan," katanya.

Ia menambahkan, masing-masing perangkat nagari bisa menerima kuncuran dana sebesar Rp50 juta dengan jangka waktu 5 tahun angsuran.

"Maksimal plafon angsuran kredit tidak boleh melebihi 30% dari jumlah gaji/penghasilan bersih yang diterima debitur setiap bulan. Plafon dibatasi setinggi-tingginya Rp50juta," ujarnya.

Kemudian, untuk teknis membayaran dan pencairan, debitur wajib membayar pokok dan bunga sesuai dengan daftar angsuran kredit yang direalisasikan.

"Jadwal pembayaran angsuran kredit paling lambat pada tanggal valuta di bulan berikutnya setelah realisasi kredit. Pembayaran angsuran dilakukan secara afiliasi dari rekening tabungan debitur," katanya.

Untuk program itu, kata Almayzar, pihak Bank Nagari telah melakukan sosialisasi kepada 182 nagari di Pessel. 

"Kita sudah mensosialisikan. Untuk pengajuan KCU sampai saat ini masih belum ada yang mengajukannya. Mungkin, karena gaji perangkat nagari belum masuk tahap pencairan," pungkasnya.

(ind/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga