Limapuluh Kota Tolak Jalan Tol, Wagub Sumbar: Tidak Ada Paksaan

Limapuluh Kota Tolak Jalan Tol Wagub Sumbar Tidak Ada Paksaan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit (Foto: Covesia/Laila Marni)

Covesia.com - Pembangunan jalan tol di Sumatera Barat sudah mulai dikerjakan, namun pro dan kontra di masyarakat tak bisa dihindarkan. Seperti di Kabupaten Limapuluh kota yang menolak adanya tol tersebut.

Wakil gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan bahwa sebenarnya Sumbar butuh tol supaya tidak ketinggalan dari daerah lain di Sumatera. 

"Kita cari daerah yang aman. Jalur di Limapuluh Kota kita sosialisasi dulu, belum ada keputusan sebab kita melakukan kajian-kajian sebelum membangun tol tersebut," ungkapnya sesaat usai rakor pemprov dan kabupaten/kota di hotel Pangeran Beach Padang, Rabu (26/2/2020).

Dikatakan Nasrul, tak ada keputusan otoriter.

"Tidak ada pemaksaan jaman ini. Kita butuh tol ini. Kita malulah lintas timur sudah di bangun, kita yang tidak membangun," ujarnya.

Nasrul menyebutkan sejumlah daerah di Sumatera sudah memiliki Tol, sedang Sumbar masih belum.

“Jambi, Lampung, Bengkulu,Riau, Sumatera Utara punya tol, sedangkan kita belum punya. Jangan sampai kita ketinggalan,” ujarnya.

Ia menambahkan tol ini amat banyak manfaat yang didapatkan oleh Sumbar. apabila tol tersebut sudah diselesaikan, jalan dari Padang Bukittinggi bisa ditempuh dengan waktu yang lebih singkat.

Tak hanya itu dengan adanya tol akan memberi dampak baik bagi sektor perekonomian, pariwisata dan masih banyak yang lainnya.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah warga di Nagari Koto Baru Simalanggang dan Taeh Baruah, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat meminta agar tol ini tidak melewati daerahnya.

Baca juga: Masyarakat Dua Nagari Kabupaten 50 Kota Tolak Pembangunan Jalan Tol Sumatera di Kampung Mereka

Terkait hal itu, Wagub meminta masyarakat agar tidak langsung menolak ketika ada rencana pembangunan. Pemerintah tentu telah melakukan kajian untuk pembangunan ini. 

Dikatakannya, untuk membangun sebuah jalan tol tidak bisa sembarangan.

(lia)

Baca juga: Ini Penyebab Warga 50 Kota Tolak Pembangunan Jalan Tol

Berita Terkait

Baca Juga