Pemko Pariaman Lakukan Operasi Pasar Terkait Melonjaknya Harga Bawang Putih

Pemko Pariaman Lakukan Operasi Pasar Terkait Melonjaknya Harga Bawang Putih Lokasi operasi pasar di Halaman Balaikota Pariaman yang dilakukan Pemko Pariaman, Rabu (19/2/2020) (Foto: Covesia/ Peri Musliadi)

Covesia.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, melalui Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanannya, melakukan operasi pasar di Halaman Balaikota Pariaman pada Rabu (19/2/2020). Hal itu untuk mengintervensi melonjak tingginya harga bawang putih dipasaran.

"Dalam operasi pasar ini kami mendatangkan satu ton bawang putih khusus untuk masyarakat Kota Pariaman. Untuk harganya kami menjual seharga Rp32 ribu per kilogaramnya," kata Kabid Ketahanan Pangan, Emi Warti.

Sebab, diketahui beberapa minggu belakangan ini harga bawang putih ini melonjak tinggi dipasaran, dan harganya mencapai Rp60 perkilogramnya, bahkan sampai Rp80 ribu.

"Makanya dilakukan operasi pasar ini adalah salah satu upaya kami dari pemerintah untuk melakukan pengendalian harga bawang putih di Pasar," jelasnya. 

Selain bawang putih kata Emi, dalam operasi pasar itu pihaknya juga menyediakan berbagai kebutuhan pokok lainya, seperti beras, cabe, bawang mereh, minyak, gula dan sebagainya.

"Berbagai kebutuhan pokok juga kami siapkan di sini, yang sebagian besar kebutuhan itu berasal dari petani binaan kami dari Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman," sebutnya.

Emi berharap, semoga dengan kegiatan ini bisa kembali menstabilkan harga bawang putih di pasar, sehingga masyarakat tidak merasa terbebani dalam memenuhi kebutuhan dengan harga yang tinggi itu. 

(per)

Berita Terkait

Baca Juga