Target Dana KUR 2020 Bank Nagari di Mentawai Meningkat Menjadi Rp15 Miliar

Target Dana KUR 2020 Bank Nagari di Mentawai Meningkat Menjadi Rp15 Miliar Wakil kepala cabang Bank Nagari Kepulauan Mentawai, Sukri (Foto: Septin)

Covesia.com - Sepanjang tahun 2019, bank Nagari Kepulauan Mentawai telah mengucurkan dana kredit usaha rakyat (KUR) sejumlah Rp 8,608 miliar atau 78,25% dari target Rp 11 miliar dengan jumlah nasabah 74 orang.

Wakil kepala cabang Bank Nagari Kepulauan Mentawai, Sukri menyatakan bahwa tahun 2020, target pinjaman dana KUR sebesar Rp15 miliar untuk semua sektor usaha.

Sementara itu suku bunga menurun dari 7% tahun 2019, menjadi 6% tahun ini.

"Persyaratan mendapatkan KUR diantaranya harus ada usaha, legalitas perizinan minimal dari kantor desa, ada agunan (pelengkap), dan terutama bank yakin uangnya akan dikembalikan oleh nasabah," kata Sukri beberapa waktu lalu di Tuapejat, Sipora utara.

Rotasi pemanfaatan dana KUR, kata Sukri mayoritas berputar pada sektor usaha perdagangan. 

Capaian target KUR pada 2019 tersebut dikatakan sebenarnya bisa lebih, namun karena peraturan Pemerintah, sektor usaha perdagangan hanya bisa mendapatkan jatah 60% dari alokasi dana yang tersedia. 

Sementara itu Sukri menambahkan bahwa tingkat kesehatan/pengembalian dana pinjaman KUR di Mentawai cukup bagus.

"Kalau debitur tidak memiliki komitmen, kita tidak berikan lagi. Biasanya sebelum kita berikan, kita meninjau dulu sektor usaha nasabah tersebut," katanya.

Sukri berharap masyarakat dapat memanfaatkan dana KUR untuk mengembangkan semua sektor usaha yang digeluti dengan jangka waktu pengembalian 4 tahun paling lama.

Kontributor: Kornelia Septin Rahayu


Berita Terkait

Baca Juga