BPKH Pastikan Tak Ada Penyelewengan Dalam Pengelolaan Dana Haji 

BPKH Pastikan Tak Ada Penyelewengan Dalam Pengelolaan Dana Haji  Anggota Dewan Pengawas BPKH, Muhammad Akhyar Adnan

Covesia.com - Badan Pengawasan Keuangan Haji (BPKH) pastikan pengelolaan dana haji berjalan dengan baik. Jadi informasi yang beredar selama ini bahwa adanya penyelewengan dalam pengelolaan dana umat itu tidak benar. 

Hal itu disampaikan Anggota Dewan Pengawas BPKH, Muhammad Akhyar Adnan pada Senin (10/2/2020), saat melakukan sosialisasi kepada stakeholder perhajian di Kota Pariaman dan Padang Pariaman.

"Dana itu aman sampai detik ini, jadi masyarakat tidak perlu khawatir sebab kami ada bertujuh menjaganya," kata Muhammad Akhyar Adnan.

Lanjut Muhammad Akhyar Adnan, dalam pengelolaan dana umat itu ada undang-undang yang harus dipatuhi, dan juga ada satu hal yang harus dipahami bahwa ada independensi atau kemandirian.

"Jadi orang boleh mengusulkan dana itu diinvestasikan kemana, tapi keputusan tetap ditangan kami," sebutnya. 

Sebab, kata Muhammad Akhyar Adnan, dalam pengelolaan dana umat itu ada enam azaz yang harus berjalan dengan baik, diantaranya harus syariah, transparan dan akuntabel.

"Maka itu harus kami patuhi untuk menjaganya dengan baik sebelum menginvestasikannya sementara," ujarnya. 

Muhammad Akhyar Adnan menyebutkan, jadi itu tidak benar kalau ada informasi dana umat yang dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur.

"Makanya sekarang ini kami melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk menepis keraguan mereka," ungkapnya.

(per/don)


Berita Terkait

Baca Juga