Pemprov Sumbar Jamin Wisatawan China yang Tiba di BIM Pagi Ini Tidak Terpapar Virus Corona

Pemprov Sumbar Jamin Wisatawan China yang Tiba di BIM Pagi Ini Tidak Terpapar Virus Corona Ratusan wisatawan asal China yang telah samapi di BIM pagi ini, Minggu (26/1/2020)(Foto: Covesia/ Fakhruddin)

Covesia.com - Sekda Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Alwis menyatakan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Sumbar menjamin wisatawan Negeri Tirai Bambu yang datang berkunjung ke Sumbar bebas dari virus corona. Ratusan wisatawan China tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pagi ini, Minggu (26/1/2020). Mereka dijadwalkan melakukan tur ke berbagai daerah di Sumbar selama lima hari hingga 30 Januari 2020. 

"Kita Sumbar tentu memiliki kepentingan terhadap pariwisata kita. Barangkali ini merupakan potensi untuk menggali, meningkatkan pendapatan daerah Provinsi Sumbar," jelasnya saat diwawancarai oleh wartawan sebelum kedatangan wisatawan China di BIM, Minggu (26/1/2020).

Alwis mengatakan bahwa Pemda Sumbar tidak memiliki alasan untuk menghalangi kedatangan wisatawan Negeri Tirai Bambu tersebut ke Sumbar. "Yang jelas mereka tentu sudah melewati SOP tersendiri," ujarnya. 

Dia menegaskan wisatawan China asal Kota Kunming tersebut telah melewati proses screening dan pengecekan kesehatan. Sehingga wisatawan tersebut bisa dijamin tidak terpapar virus corona yang menyebar di negaranya. 

Kata Alwis, pihak BIM juga akan melakukan screening dan pengecekan kesehatan para wisatawan yang datang. 

Tambahannya pula adanya fakta bahwa Kota Kunming berjarak 1.200 kilometer dari Provinsi Wuhan, tempat virus tersebut awalnya tersebar. 

(fkz/don)

Berita Terkait

Baca Juga