Viral Video Pungli di Pantai Air Manis, Ini Tanggapan Dinas Pariwisata

Viral Video Pungli di Pantai Air Manis Ini Tanggapan Dinas Pariwisata Screenshot video dugaan pungli di Pantai Air Manis Padang

Covesia.com - Dinas Pariwisata Kota Padang sedang menyiapkan laporan ke Satgas Saber Pungli Kota Padang untuk menindak tegas pelaku dugaan pungli di kawasan Pantai Air Manis Kota Padang Provinsi Sumatera Barat.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Afrian menanggapi video viral seorang pria diduga melakukan pungli kepada pengunjung di pintu masuk Pantai Air Manis.  

Di video tersebut, pria itu meminta uang masuk ke pengunjung tanpa memberikan karcis. Video itu dibagikan awalnya oleh akun Ronald Kasman di Facebook dua hari yang lalu. 

"Kita sudah dapat identitasnya," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Afrian saat dihubungi Covesia via telepon, Rabu (22/1/2020) siang. 

Afrian mengatakan bahwa pelaku pungli tersebut merupakan oknum masyarakat yang tinggal di kawasan Pantai Air Manis. Dirinya mengaku sering bersua dengan lelaki yang ada di video itu. 

Afrian mengatakan bahwa, berdasarkan informasi yang diperolehnya, pria di video itu melakukan pungli di pintu masuk resmi kawasan Pantai Air Manis. Dia melakukan pungli pada pagi hari sebelum pintu masuk tersebut dibuka oleh petugas pada pukul 08.00 WIB. Padahal, untuk bisa masuk ke kawasan Pantai Air Manis, pengunjung bisa membayar lewat Brizzi.

Pria itu meminta uang masuk tanpa memberikan karcis kepada pengunjung. "Seperti kejadian di video itu," ujar Arfian.

Arfian mengakui bahwa, untuk menyelesaikan kasus tersebut, pihaknya juga meminta Polsek Padang Selatan untuk mengusut kasus tersebut. 

Dia tidak bisa memungkiri masih ada praktik pungli yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu di tempat-tempat wisata Kota Padang, khususnya di Pantai Air Manis. Oleh karena itu, Afrian meminta pengunjung mengacuhkan oknum tersebut apabila terjadi hal yang serupa.

"Jangan dilayani orang-orang yang seperti itu," ujarnya. 

Berikut Videonya:

(rul)

Berita Terkait

Baca Juga