Sempat Lumpuh, Akses Lalu Lintas di Dharmasraya Sudah Bisa Dilalui Kendaraan

Sempat Lumpuh Akses Lalu Lintas di Dharmasraya Sudah Bisa Dilalui Kendaraan Dok. Pemkab Dharmasraya

Covesia.com - Akses lalu lintas  di Jalan Lintas Sumatra Kabupaten Dharmasraya yang lumpuh akibat banjir sudah bisa dilalui kendaraan.

Kapolres Dharmasraya AKBP Imran Amir mengungkapkan saat ini akses lalu lintas sudah lancar kembali dan bisa dilewati kendaraan dari dua arah.

"Sudah bisa dilalui kendaraan, sempat macet sejauh tiga kilometer selama empat jam," ujarnya ketika dihubungi Covesia.com via telepon, Selasa (21/1/2020).

Menurutnya, penyebab terjanjinya banjir karena tingginya intensitas hujan dan juga meluapnya Sungai Batang Pangeang.

"Penyebab banjir karena hujan deras saat subuh, Sungai batang Pangeang meluap," ujarnya.

Sebelumnya dilaporkan,  curah hujan berintensitas tinggi mengakibatkan bencana alam banjir di Jorong Kampuang Surau, Nagari Gunuang Salasi, Kecamatan Pulau Punjuang, Kabupaten Dharmasraya, terjadi sekitar pukul 04.10 WIB, Senin (21/1/2020).

Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman mengatakan bahwa banjir tersebut ketinggian air mencapai setinggi orang dewasa sehingga mengakibatkan rumah warga terendam. Selain itu banjir juga mengakibatkan longsor di jorong tersebut sehingga menutup akses jalan lintas Sumatera timbal balik.

"Longsor juga mengakibatkan menutup akses Jalan Nasional," ujarnya. 

Erman mengatakan bahwa langkah-langkah yang sudah dilakukan BPBD Provinsi yaitu berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Dharmasraya.

"Saat ini personel sedang mengevakuasi warga dan melakukan pendataan akibat banjir tersebut," kata dia.

(ila)

Berita Terkait

Baca Juga