Sempat Sentuh Rp50 Ribu per Kg, Harga Cabai di Agam Pekan ini Turun Drastis

Sempat Sentuh Rp50 Ribu per Kg Harga Cabai di Agam Pekan ini Turun Drastis Foto: Covesia/ Johan

Covesia.com - Harga cabai pekan sebelumnya di Kabupaten Agam, Sumbar sempat menyentuh Rp50 ribu per kg. Namun, pekan ini harga jual cabai merah keriting di pasar tradisional turun drastis Rp20 Ribu per kg.

"Pasokan melimpah petani di beberapa daerah memasuki masa panen ditambah lagi datangnya pasokan cabai dari luar kabupaten Agam," ujar Rendi salah seorang pedagang cabai di pasar lawang kecamatan matur kepada Covesia.com, Jumat (17/1/2020).

Hal serupa juga diungkapkan Nita (42) pedagang cabai dan rempah di pasar Impres Padang Baru, Kecamatan Lubuk Basung. Harga cabai berbanding lurus dengan daya beli masyarakat. 

"Walau turun tapi yang beli tetap sepi, satu hari berjualan tidak habis 50 kg. Sepinya penjualan juga terjadi pada bawang merah, bawang putih dan sayur mayur," jelasnya.

Menurutnya menurunnya harga beli masyarakat di pasar tradisional sudah biasa terjadi pada dua minggu terakhir setiap bulan, dan akan kembali naik saat awal bulan.

"Yang nama dagang tentu ada untung ada rugi, saat ini sepi mana tahu besok ramai. Untuk kami para pedagang sayur dan bumbu masakan, harga tidak bisa diprediksi minggu ini turun, dua hari kemudian bisa naik 100 persen, jadi harus dijalani saja," tutupnya.

(han/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga