Posisi Kapal China Dinyatakan Sudah di Luar Garis Batas ZEE

Posisi Kapal China Dinyatakan Sudah di Luar Garis Batas ZEE KRI Tjiptadi-381 mengikuti sailing pass di Laut Natuna, Rabu (15/1/2020). Foto: Antara/M Risyal Hidayat

Covesia.com - Kapal-kapal milik China dinyatakan sudah tidak terlihat di Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Indonesia. Bahkan kapal-kapal dari negeri Tirai Bambu itu sudah tak lagi terlihat dalam radar Automatic Identification System (AIS), ungkap Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono.

Menurut Yudo, kapal-kapal China itu sudah berada di luar garis batas ZEE Indonesia.

"Sudah (tidak ada). Sudah 400 mil di luar garis batas ZEE. Sudah sampai di sana. Sudah tak terpantau lagi di AIS," kata Yudo di Kabupaten Natuna, Kepulauan Natuna, Rabu (15/1/2020).

Yudo menuturkan tidak ada kapal China yang tersisa di ZEE Indonesia. Ia mengklaim kalau dilihat dari jarak, kapal-kapal ikan itu sudah kembali ke daerahnya yakni China.

"Kalau dari sini ke ZEE kan 200 mil. Ini kan sudah 400 mil, berarti sudah di daerah China sana," katanya.

Meskipun kapal-kapal China itu terpantau sudah meninggalkan ZEE Indonesia, pihaknya akan tetap berjaga-jaga di wilayah tersebut. Ia menyatakan, langkah seperti itu sejatinya biasa dilakukan sepanjang tahun.

"Patroli tetap," ucap dia.

(Suara)

Berita Terkait

Baca Juga