50 Persen Sawah Petani Terdampak Banjir di Korong Gugua Diklaim ke Asuransi

50 Persen Sawah Petani Terdampak Banjir di Korong Gugua Diklaim ke Asuransi Lahan persawahan yang terdampak banjir di Korong Gugua Nagari Lurah Ampalu Kecamatan Tujuh Koto Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariman. Foto: Peri Musliadi

Covesia.com - Untuk sebagian sawah petani yang belum panen dan terdampak banjir di Korong Gugua, Nagari Lurah Ampalu, Kecamatan Tujuh Koto Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariman, pada Kamis (9/1/2020) kemaren, akan diklaim oleh Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) sebesar Rp6 juta per hektare. 

"Limapuluh persen dari sawah milik warga yang gagal panen dan terdampak banjir akan kami klaim sebesar Rp6 juta. Ini bagi warga yang sudah mengasuransikannya ke kami," kata Penyuluh Pertanian di Wilayah Korong Gugua Nagari Lurah Ampalu Kecamatan Tujuh Koto Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariman, Hasan Basri pada Jumat (10/1/2020).

Dia mengatakan, klaim AUTP akan dibayarkan oleh Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian kepada warga. \

"Jadi kami hanya memberikan ganti rugi kepada masyarakat yang sawahnya gagal panen kemudian mengasuransikan," ujarnya.

Hasan menyebutkan, satu hektare sawah akan diklaim asuransi Rp6 juta. Sedangkan untuk iuran asuransi per 1 hektar Rp36 ribu setiap satu kali panen. 

"Kalau di korong ini, 50 persen lahan masyarakat sudah diasuransikan. Namun sekarang kita terkendalanya dengan petani yang tidak mengansuransikan sawahnya. Kami kesulitan mencari solusinya," ungkapnya. 

Dikatakannya, mereka mengasuransikan sawahnya ini melalui kelompok tani yang ada di daerahnya, kemudian dilaporkan ke Dinas Pertanian, untuk dikirim datanya secara online ke pusat.

Sebelumnya, banjir melanda Korong Gugua, Nagari Lurah Ampalu, Kecamatan Tujuh Koto Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariman, pada Kamis (9/1/2020), karena curah hujan tinggi.

Puluhan rumah dan puluhan hektare sawah warga di daerah itu terdampak akibat luapan sungai Batang Piaman Gadang di daerah itu.

(per/rdk) 

Berita Terkait

Baca Juga