Meski Berstatus Tersangka, Polda Sumbar Izinkan Aktivis Pusaka Sudarto Pulang

Meski Berstatus Tersangka Polda Sumbar Izinkan Aktivis Pusaka Sudarto Pulang Direktur Pusaka, Sudarto didampingi kuasa Hukumnya dari LBH Padang Wendra Rona, saat pemeriksaan di Mapolda Sumbar, Selasa (7/1/2020)(Foto: dok.lbh padang)

Covesia.com - Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Stefanus Budi Setianto menyatakan bahwa aktivis Pusaka Sudarto rencananya diperbolehkan pulang oleh Polda Sumbar meski masih berstatus sebagai tersangka. 

"Memang tidak dilakukan penahanan," ujarnya saat dihubungi Covesia.com, Rabu (8/1/2020) sore.

Stefanus mengatakan bahwa alasan tidak dilakukan penahanan tersebut dikarenakan yang bersangkutan dianggap kooperatif. Selain itu, pemulangan dilakukan juga atas permintaan keluarga dan pengacara Sudarto. 

Saat wawancara dilakukan, Stefanus mengatakan bahwa Sudarto masih dalam pemeriksaan. Dia belum bisa memastikan kapan pemulangan tersebut bisa dilakukan. 

"Kalau pemeriksaan sudah usai, nanti diperbolehkan pulang. Nanti kalau pemeriksaan sudah selesai, nanti kita kabari lagi," ujarnya. 

Stefanus menjelaskan bahwa, meski diperbolehkan pulang, proses hukum Sudarto akan tetap berlanjut. Dia juga mengatakan bahwa proses pemulangan Sudarto tidak melanggar aturan. "Tidak apa-apa kok," ujarnya.

(frz/don)

Berita Terkait

Baca Juga