Polisi Tetapkan Aktivis Pusaka Sudarto Tersangka

Polisi Tetapkan Aktivis Pusaka Sudarto Tersangka Aktivis Pusaka Sudarto (baju hitam) saat dilakukan pemeriksaan sebelum diamankan Polisi di kantornya, di jalan Veteran, Padang, Selasa (7/1/2020)(Foto: Istimewa)

Covesia.com - Usai penangkapan Aktivis Pusat Studi Antar Komunitas (Pusaka), Sudarto di Padang, pihak Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) setelah melakukan gelar perkara dan pemeriksaan, Sudarto langsung ditetapkan sebagai tersangka.

"Penetapan tersangka dilakukan usai gelar perkara dilaksanakan sehari sebelum proses penangkapan terhadap Sudarto. Kami sudah melaksanakan sesuai prosedur dan SOP (standar operasional prosedur). Beliau kami tetapkan tersangka setelah gelar perkara kemarin," Ungkap Dirreskrimsus Polda Sumbar, Kombes Pol Juda Nusa, kepada awak media, Selasa.

Untuk saat ini, kata Juda pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap Sudarto. 

"Nanti setelah pemeriksaan langsung penahan badan," sebutnya.

Lebih lanjut Juda menjelaskan, penangkapan Aktivis Pusat Studi Antar Komunitas (Pusaka), Sudarto ini sekaitan dengan postingannya di media sosial atas pelarangan Natal di Kabupaten Dharmasraya beberapa waktu lalu. Namun, nyatanya, aksi pelarangan tersebut tidak benar. 

"Jadi kami sampaikan bahwa terkait dengan adanya berita tentang masalah pelarangan melaksanakan ibadah Natal umat kristiani di Dharmasraya, terhadap pelaku yang menyiarkan sudah kami tangkap," kata dia.

Menurut Juda, posting yang diduga mengandung unsur kebencian yang dilakukan tersangka di media sosial cukup banyak. Salah satunya, pelarangan pelaksanaan kegiatan ibadah Natal di wilayah Kenagarian Sikabau, Kabupaten Dharmasraya.

"Postingan tertulis tentang pelarangan umat kristiani untuk melaksanakan ibadah Natal oleh pemerintah Kenagarian Sikabau, ini salah satunya. Faktanya, setelah kami cek, Pak Kapolda langsung cek ke Dharmasraya aman, damai dan nyaman," ujarnya.

(don)

Baca juga: Sudarto Diciduk: Saya Merasa Ada Kejanggalan atas Penangkapan Saya

Berita Terkait

Baca Juga