Sudarto: Saya Merasa Ada Kejanggalan atas Penangkapan Saya

Sudarto Saya Merasa Ada Kejanggalan atas Penangkapan Saya Aktivis Pusaka, Sudarto tengah berada di Mapolda Sumbar untuk memberikan keteranga atas penangkapanya dirinya (Ist)

Covesia.com - Aktivis Pusat Studi Antar Komunitas (Pusaka) Padang, Sudarto ditangkap personel Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Sumatera Barat (Sumbar) terkait dengan dugaan tindak pidana kejahatan dunia maya.

Sudarto ditangkap di kantor Pusaka, Jalan Veteran, Purus, Kota Padang pada Selasa (7/1/2020) pukul 13.30 WIB. Atas penangkapannya tersebut, Sudarto merasa ada kejanggalan atas penangkapan dirinya.

Baca juga: Aktivis Pusaka Sudarto Diciduk Polisi Terkait Penyebaran Informasi Larangan Natal

"Saya didatangi oleh enam orang petugas, terus saya dilihatnya surat penangkapan atas diri saya, waktu itu saya sedang di kantor tengah makan siang dan diminta untuk ke Polda, itu sekita pukul 13.30 WIB," ujar Sudaro kepada Covesia di Mapolda Sumbar.

"Katanya ujaran kebencian di media sosial, Saya juga tidak tahu siapa yang melaporkan. Namun menurut saya menangkapan ini cukup janggal bagi saya, saya tidak pernah dikasih tahu, di wawancara atau disidik, Tahu-tahu saya di tangkap, tentu bingung saya. Seharusnya orang-orang yang anggap bersalah harus ada komunikasi terlebih dahulu paling tidak," terang sudarto.

Di Mapolda Sumbar, Sudaro didampingi kuasa hukumnya. Kuasa hukum Sudarto, Wendra Rona Putra mengatakan dirinya juga baru tahu atas penangakapan kliennya.

"Saya juga baru tahu, ini baru mau di BAP (Berita Acara Penangkapan) oleh penyidik," ucap Wendra. 

Hingga berita ini diturunkan, Aktifis Pusaka Sudarto tengah menjalani penyidikan Berita Acara Penangkapan (BAP) oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Sumatera Barat (Sumbar).

Sudarto dikenakan pasal Pasal 45 A ayat 2 jonto pasal 28 ayat 2 Undang-undang nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik. 

(dnq)

Baca juga: Tanggapan Polda Sumbar Soal Penangkapan Aktivis Pusaka Sudarto

Berita Terkait

Baca Juga