Sri Mulyani Masuk dalam Daftar Perempuan Hebat Dunia Versi Forbes

Sri Mulyani Masuk dalam Daftar Perempuan Hebat Dunia Versi Forbes Sri Mulyani (detik.com)

Covesia.com  - Forbes telah merilis daftar perempuan paling berpengaruh di dunia atau The World's 100 Most Powerful Women 2019. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati masuk dalam daftar perempuan hebat tersebut.

Sri Mulyani menempati posisi ke 76. Dalam daftar tersebut, wanita kelahiran Lampung ini menjadi satu-satunya wakil Indonesia.

Dilansir dari detik.com, Sabtu (14/12/2019), Sri Mulyani bersanding dengan Angela Markel, Christine Lagarde, Oprah Winfrey, Queen Elizabeth II, Beyonce hingga Greta Thunberg. Sri Mulyani merupakan wanita yang memiliki pengalaman segudang di bidang perekonomian Indonesia dan dunia. Sebelum menjabat Menteri Keuangan di era Presiden Joko Widodo, Sri Mulyani sempat menjabat sebagai direktur pelaksana Bank Dunia.

Sebagai Menteri Keuangan ia dinilai mampu meningkatkan pendapatan negara melalui reformasi perpajakan dengan memperluas layanan e-filing dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Sri Mulyani merupakan satu-satunya perempuan yang menjadi menteri keuangan di Indonesia.

Sri Mulyani pernah meraih penghargaan tingkat Asia. Klik ke halaman berikutnya:

Penghargaan Asian Business Leadership Forum

mendapat Penghargaan di Asian Business Leadership Forum (ABLF) Awards 2019 untuk kategori State Persons Awards yang diselenggarakan di Dubai, Uni Emirat Arab (UAE).

Berdasarkan keterangan Kementerian Keuangan, Jakarta, pada November lalu, penghargaan tersebut diserahkan oleh Anggota Kabinet dan Menteri Toleransi UEA, Sheikh Nahayan Mabarak Al Nahayan.

Penghargaan ini merupakan penghargaan global yang diterima Sri Mulyani karena banyak menghadirkan berbagai instrumen kebijakan untuk memperkuat perekonomian di Indonesia.

Selain itu, Sri Mulyani Indrawati dianggap mampu melewati krisis ekonomi di Asia Tenggara pada tahun 2007-2010 dan selama menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia, Sri Mulyani memberikan kesempatan kerja yang adil dengan mengkampanyekan kesetaraan gender di tempat kerja.

Oleh karena itu, ABLF Awards 2019 menobatkan Sri Mulyani dilihat dari prestasi yang luar biasa dalam bidang ekonomi dan banyak menginspirasi jutaan orang di dunia.

Menteri Keuangan Terbaik

Sri Mulyani juga mendapat penghargaan sebagai Finance Minister of The Year 2008 for Asia.

Penghargaan tersebut diberikan oleh harian 'Emerging Markets'. Menurut Emerging Markets, Sri Mulyani terpilih kembali berdasarkan tiga alasan, di antaranya pencapaiannya dalam mendorong kinerja ekonomi Indonesia hingga mencapai di atas 6% tahun ini meskipun terdapat tekanan inflasi.

Sebelum itu, Sri Mulyani lebih dahulu mendapatkan penghargaan dari Singapore Institute of International Affair (SIIA). Mantan direktur Bank Dunia itu dinobatkan sebagai salah satu pemimpin yang berpengaruh dalam perkembangan Asia atau Leader in Rising Asia.

Pada 2018 lalu, Sri Mulyani diganjar Penghargaan Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award) di World Government Summit yang diselenggarakan di Dubai, Uni Arab Emirates. Penghargaan itu diserahkan langsung oleh pemimpin Dubai, Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum.

Selain itu, pada tahun yang sama Sri Mulyani dinobatkan sebagai Menkeu Terbaik di Asia Pasifik versi majalah keuangan asal Hong Kong, FinanceAsia. Penghargaan ini sebelumnya juga telah diterima Sri Mulyani tahun sebelumnya.

(dtc/adi)

Berita Terkait

Baca Juga