Pengamat: Tokoh Muda Diminati Pimpin Daerah karena Inovatif dan Mampu Bongkar Tradisi Lama

Pengamat Tokoh Muda Diminati Pimpin Daerah karena Inovatif dan Mampu Bongkar Tradisi Lama Faldo Maldini/ Foto: Istimewa

Covesia.com - Tren kepemimpinan muda menggeliat di banyak tempat. Banyak kepala daerah di Indonesia yang berusia di bawah lima puluh tahun, bahkan empat puluh tahun, memperlihatkan prestasi dan keberhasilannya membangun daerah.

Pengamat politik dan Direktur Eksekutif Voxpol Center Research & Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, mengatakan bahwa ketertarikan masyarakat makin besar kepada tokoh muda. Menurutnya, hal itu terjadi karena anak muda berani membongkar tradisi lama.

“Tokoh muda dibutuhkan untuk menjadi kepala daerah di Sumatera Barat, bukan berarti orang tua tidak dibutuhkan. Namun, narasi, akselarasi, dan terobosan baru banyak dimulai oleh anak muda. Mereka adalah petualang dan lebih suka tantangan. Kita bisa lihat perusahaan start up sekarang banyak dipimpin anak muda yang kreatif, inovatif, dan mampu membongkar pola tradisi lama,” ujar Pangi di Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Salah satu anak muda yang potensial, menurut Pangi, ialah Faldo. Seperti diketahui, Faldo tidak jadi bisa mengikuti pemilihan gubernur Sumbar karena belum memenuhi prasyarat usia, Meskipun begitu, Pangi ingin Faldo tetap bekerja di Sumbar. Ia menilai bahwa sosok anak muda yang punya reputasi nasional seperti Faldo sangat dibutuhkan di daerah agar perhatian pemerintah pusat dan publik nasional lebih besar. Dengan begitu, masyarakat akan mendapat manfaat lebih.

“Faldo Maldini sosok anak muda yang dibutuhkan untuk membangun kampung halamannya. Beliau adalah anak muda yang visioner dan sepak terjangnya di nasional tidak perlu diragukan lagi. Dia sosok anak muda yang kreatif, energik, punya narasi dan ide-ide yang sangat dibutuhkan untuk membangun kampung halamannya. Mantan juru bicara Prabowo-Sandi ini sangat dibutuhkan, sangat ditunggu oleh masyarakat terobosan terobosan cerdasnya,” tutur Pangi.

Dengan sederet reputasi nasional, kata Pangi, Faldo memiliki kesempatan yang besar untuk mendapat dukungan dari warga Pesisir Selatan. Menurutnya, semua rekam jejak Faldo akan membuat publik yakin dengan gagasan dan tawaran kampanyenya.

“Faldo Maldini satu dari banyak tokoh anak muda yang sepak terjang dan kontribusinya sedang ditunggu negara. Pengabdiannya membangun daerahnya, gebrakan, narasi, dan gagasannya sedang ditunggu untuk membangun kampung halamannya karena beliau anak muda yang punya bakat dan talenta menjadi pemimpin yang luar biasa, bukan pemimpin yang biasa-biasa. Rugi masyarakat di daerahnya kalau tidak memberikan kesempatan kepada beliau menakhodai daerah tersebut menjadi kepala daerah. Saya cermati, kans politik beliau terpilih sebagai kepala daerah di kampungnya sangat besar peluangnya,” ucap Pangi.

(ynd/sea)


Berita Terkait

Baca Juga