BPBD Solsel: Banjir Bandang Sebabkan 6 Rumah Hanyut, 1 Tertimbun Longsor

BPBD Solsel Banjir Bandang Sebabkan 6 Rumah Hanyut 1 Tertimbun Longsor Sumber: istimewa

Covesia.com - Banjir bandang menerjang daerah Kampung Tarandam dan sejumlah daerah lainnya di Solok Selatan, Sumatera Barat, pada Jumat (13/12/2019) sekitar pukul 05.00 WIB.

Kasi RR BPBD Solok Selatan, Irda Hendri, kepada Covesia.com melalui telepon mengatakan 7 rumah diterjang banjir dan longsor di daerah itu.

"Tujuh rumah hanyut diterjang banjir dan 1 rumah rusak parah ditimbun longsor," katanya.

Baca juga: Lagi, Banjir Bandang Hantam Solok Selatan, 6 Rumah Warga Hanyut

Dia menyebutkan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Sementara, untuk dapur umum dan bantuan lainnya masih sedang diupayakan. 

Banjir yang terjadi Jumat subuh itu menggenangi daerah dengan berpenduduk 2000 jiwa. Banjir dan longsor juga dilaporkan terjadi di berbagai tempat yakni Kiambang Koto Baru, daerah sekitar Pasar Muara Labuh, Pasia Talang, Pakan Rabaa Timur, dan daerah lainnya.

Sementara, akses jalan Padang-Solok Selatan juga terhambat di beberapa titik antara Surian dan Alahan Panjang.

Sebanyak 387 siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Marhamah di Batang Labuah Pasar Muara Labuh, siswa SMPN 2 Solok Selatan di Kampung Tarandam, dan sejumlah sekolah lainnya tidak bisa mengikuti ujian dikarenakan sekolah yang mereka tempati kebanjiran.

Dijadwalkan, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo dan rombongan akan berkunjung ke Solok Selatan.

(rdk)

Berita Terkait

Baca Juga