Blak-blakan Riza Falepi: Saya Tidak Mau Diusung untuk Posisi Cawagub

Blakblakan Riza Falepi Saya Tidak Mau Diusung untuk Posisi Cawagub Riza Falepi

Covesia.com - Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumbar 2020, sejumlah bakal calon (balon) gubernur atau wakil gubernur sudah bermunculan. Salah satunya Riza Falepi yang saat ini menjabat sebagai Walikota Payakumbuh.

Riza Falepi blak-blakan tidak akan ikut bertarung dalam helatan Pilkada Sumbar, jika tidak untuk orang nomor satu.

"Saya tidak akan maju kalau tidak calon gubernur, saya tidak mau jadi wakil gubernur," tegas politisi PKS itu dalam acara temu ramah dengan awak media di Padang, Kamis (12/12/2019).

Riza mengungkapkan, sebenarnya ia tidak terlalu berambisi untuk ikut bertarung di Pilkada Sumbar, namun karena 'dipaksa' PKS sebagai partai tempat ia bernaung, maka ia dengan sepenuh hati akan mengikuti tahapannya.

Riza mengakui di PKS sendiri, selain dirinya juga ada nama bakal calon lain, yaitu Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah.

"Saya 'dipaksa' PKS untuk maju, tapi harus bertanding dulu di internal partai dengan pak Mahyeldi," ujarnya.

Seandainya PKS tidak mengusungnya di Pilgub Sumbar, Riza memastikan tidak akan maju untuk posisi cawagub dan termasuk juga lewat partai lain.

"Tapi seandainya saya yang diusung PKS, saya juga tidak bisa memastikan kalau pak Mahyeldi tidak akan maju lewat partai lain," ungkap Riza.

Untuk persiapan maju di Pilgub Sumbar, Ia menegaskan di segala sisinya sudah tidak ada kendala, termasuk soal biaya.

"Saya sudah siap untuk maju, termasuk soal dana. Sudah ada beberapa teman saya sesama alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) yang bersedia membantu, totalnya Rp30 miliar," ujarnya.

Meskipun demikian, Riza mengatakan saat ini PKS belum menentukan siapa yang akan diusung, dia atau Mahyeldi.

"Saya menunggu keputusan PKS," ujarnya sembari menegaskan kembali tidak mau diusung untuk posisi cawagub.

(lif)

Berita Terkait

Baca Juga