Faldo Maldini Bisa Maju Pilgub Sumbar Jika Jadwal Penetapan Calon Diundur

Faldo Maldini Bisa Maju Pilgub Sumbar Jika Jadwal Penetapan Calon Diundur Faldo Maldini

Covesia.com - Beberapa waktu lalu beberapa politisi muda Partai Solidaritas Indonesia (PSI), sebut saja Faldo Maldini dan Tsamara Amany mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi(MK) namun hari ini gugatan tersebut ditolak.

Langkah Faldo Maldini seolah terhenti di Pilkada Sumbar karena hal tersebut. Bagaimana tidak umur Faldo kurang 1 hari 30 tahun saat KPU menetapkan pasangan calon 8 Juli 2020 mendatang.

"Usia saya itu kurangnya 1 hari, usia dihitung dari penetapan kandidat yang ditetapkan 8 juli 2020, nah saya cukup 30 tahun di tanggal 9 Juli 2020," ungkap Faldo kepada Covesia, Rabu (11/12/2019).

Menanggapi hal tersebut, Komisioner KPU Sumbar, Izwarni mengatakan bahwa Faldo bisa saja maju di Pilgub jika ada pengunduran jadwal penetapan calon.

Lebih lanjut, Izwarni mengatakan jika tetap ingin mendaftar tidak masalah. "Namun diverifikasi bakal gak lolos," ungkapnya kepada Covesia, Rabu (11/12/2019).

Izwarni menjelaskan kemungkinan kemunduran jadwal hanya bisa dilakukan KPU RI. "Sedangkan untuk penetapan calon, kecil kemungkinan ada kemunduran," jelasnya.

Berdasarkan tahap penyelenggaraan pilkada 2020 tanggal 8 adalah penetapan Paslon dan di tanggal 9 penentuan nomor urut calon. Sedangkan pemungutan suara akan dilakukan pada 23 September 2020.

Kontributor: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga