Isu Pergantian Pengurus DPW Sumbar, Pengamat: Ada Kemungkinan Gerindra Usung Figur Lain di Pilgub

Isu Pergantian Pengurus DPW Sumbar Pengamat Ada Kemungkinan Gerindra Usung Figur Lain di Pilgub Ilustrasi (Foto: Covesia)

Covesia.com - Santer beredar kabar Partai Gerindra akan mengganti Nasrul Abit sebagai ketua DPD Gerindra Sumatera Barat (Sumbar) dengan Anggota DPR RI Andre Rosiade. Bahkan kabar ini menjadi perbincangan hangat di sosial media.

Dengan digantikannya Nasrul Abit maka sosok yang akan diusung Gerindra untuk maju di Pilgub Sumbar 2020 semakin menjadi teka-teki.

Menanggapi hal itu, Pengamat Politik Universitas Andalas (Unand) Padang Sumbar, Edi Indrizal menilai hal itu biasa terjadi dalam politik. Menurut Edi hal ini memperlihatkan kemungkinan Gerindra mungkin saja akan mencalonkon figur lain (selain Nasrul Abit-red) di Pilgub Sumbar.

"Bisa tetap dari kader partai sendiri bisa juga diluar Gerindra. Sebagaimana diketahui ada beberapa nama tokoh potensial yang juga telah mendaftar ke Gerindra," ungkapnya melalui pesan aplikasi Whatsapp, Rabu (11/12/2019) sore.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa penggeseran Nasrul Abit tentunya bukan tanpa sebab dilakukan Gerindra. "Tentu ini jadi evaluasi sendiri bagi Nasrul Abit sendiri dalam kiprahnya berpolitik," tambah Edi.

Ketika ditanyai mengenai kemungkinan Nasrul Abit tetap maju di Pilgub Sumbar tanpa Parpol, Edi menjawan "Nggak masalah karena Pilkada akhirnya yang terpenting urusan figur, lebih dari sekedar soal parpol."

Sebelumnya Berdasarkan pantauan covesia.com di sejumlah group Whats App dan lini masa facebook, topik soal pencopotan Nasrul Abit sebagai pimpinan Gerindra Sumbar menimbulkan pro kontra, terutama terkait keputusan DPP Gerindra yang terkesan mendadak di saat Nasrul Abit sedang berjuang menarik dukungan warga untuk maju sebagai calon gubernur pada Pilgub Sumbar 2020.

Meski belum ada pernyataan resmi dari DPP Partai Gerindra maupun dari DPD Partai Gerindra Sumbar, di laman facebook sudah ada yang memberikan ucapan selamat kepada Andre Rosiade atas penunjukannya sebagai Ketua DPD Gerindra Sumbar menggantikan Nasrul Abit.

Baca: Gantikan Nasrul Abit Pimpin Gerindra Sumbar? Andre Rosiade: Tunggu Info Resmi

(utr)

Berita Terkait

Baca Juga