BPJS Kesehatan: Pasien yang Terlanjur Berobat di RSI Siti Rahmah Tak Perlu Khawatir

BPJS Kesehatan Pasien yang Terlanjur Berobat di RSI Siti Rahmah Tak Perlu Khawatir Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang, Asyraf Mursalina (Foto: Doni Syofiadi/Covesia)

Covesia.com - Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Padang, Asyraf Mursalina menghimbau pasien BPJS yang sudah terlanjur berobat di Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Rahmah untuk tidak khawatir.

Asyraf mengatakan, terhitung dari tanggal 1 Januari 2020 baru berakhirnya kerja sama BPJS Kesehatan dengan mitranya RSI Siti Rahmah, sehingga pasien BPJS yang berobat sebelum tanggal tersebut masih di tanggung.

Baca juga: BPJS Kesehatan Akhiri Kerja Sama dengan RSI Siti Rahmah Padang

"Masyarakat perlu mengetahui, kita per tanggal 1 Januari 2020 tidak bekerja sama lagi dengan RSI Siti Rahmah, untuk semua kelas, sehingga jangan merujuk pasien BPJS kesana terhitung dari tanggal tersebut," ujar Asyraf kepada awak media di Padang, Jumat (6/12/2019).

"Untuk pasien BPJS Kesehatan yang tengah berobat di Siti Rahmah tidak perlu khawatir dengan berakhirnya kerja sama ini, karena jatuh temponya per 1 Januari 2020, sehingga pasien masih di tanggung BPJS. Atau kita ambil contoh, jika ada pasien BPJS masuk IGD di Siti Rahmah pada 31 Desember 2019, dan dirawat inap, misalnya keluar tanggal 6 Januari 2020, itu masih tanggung jawab kami, karena klaim 31 Desember 2019 tersebut kontrak masih berjalan," terang Asyraf.

BPJS Kesehatan cabang Padang juga memastikan bagi pasien yang rutin berobat di Siti Rahmah akan dilakukan pengalihan selama bulan Desember ini.

"Pertama kali kita lakukan adalah pengalihan pasien-pasien rutin, itu yang harus kita pastikan. Tanggung jawab kami adalah memastikan pasien yang membutuhkan pelayan itu tetap terlayani."

"Pasien rutin fokus kita yang utama, seperti pasien hemodialisa (cuci darah) dan pasien fisioterapi, itu kita sudah melakukan pemetaan. Selama bulan Desember ini melakukan pengalihan, pasien Hemodialisa harus pindah kemana dan pasien fisioterapi pindah kemana. Itu yang harus kita sampaikan kepada masyarakat supaya masyarakat mengetahui," tutup Asyraf.

Berakhirnya kerja sama dengan rumah sakit swasta merupakan yang kedua kalinya terjadi. Sebelumnya, BPJS Kesehatan Padang juga mengakhiri kerja sama dengan Semen Padang Hospital pada awal Juni 2019. 

Saat ini, BPJS Kesehatan Padang memiliki 26 fasilitas kesehatan setelah berakhir kerja sama dengan RSI Siti Rahmah. Wilayah faskes BPJS Kesehatan Padang meliputi Kota Padang, Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Pesisir Selatan dan Mentawai. Terbaru BPJS Kesehatan Padang bekerja sama dengan RS Hermina.

(dnq)

Baca juga: Ingin Lanjut Kerja Sama dengan BPJS, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Faskes Mitra

Berita Terkait

Baca Juga