BPJS Kesehatan Akhiri Kerja Sama dengan RSI Siti Rahmah Padang

BPJS Kesehatan Akhiri Kerja Sama dengan RSI Siti Rahmah Padang (Ist)

Covesia.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Padang, Sumatera Barat mengakiri kerja sama dengan Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Rahmah Padang untuk tahun 2020.

Kepala BPJS Kesehatan Padang, Asyraf Mursalina mengatakan, pemutusan kontrak dengan RSI Siti Rahmah terhitung pada 1 Januari 2020.

"Ini bukan putus kontrak ya, namun mengakhiri kerja sama, karena kontraknya berakhir pada 31 Desember 2019," ujar Asyraf Mursalina kepada Covesia.com di Padang, Jumat (6/12/2019).

"Putus kontrak itu kalau kita mengakirinya sebelum tanggal 31 Desember seperti tanggal 1 November kemarin. Itu baru namanya putus. Tapi ini tanggal 31 Desember, kontraknya memang sudah habis. Lalu PBJS diberikan kewenangan oleh Undang-Undang, untuk melanjutkan kerja sama atau tidak," terangnya. 

Asyraf Mursalina mengatakan, tidak diperpanjangnya kerja sama RSI Siti Rahmah dengan BPJS kesehatan karena tidak adanya kesepakatan terkait klausul kontrak kerja sama kedua belah pihak.

"Ingat ya, kalau dengan rumah sakit swasta itu sifatnya sukarela, sama-sama suka dan sama-sama rela. Harus tercapai ini kesepakatan BPJS dengan fasilitas kesehatan itu. Kalau sudah tercapai kesepakatannya baru kita kerja sama," ungkap Asyraf Mursalina.

Berakhirnya kerja sama dengan rumah sakit swasta merupakan yang kedua kalinya terjadi. Sebelumnya, BPJS Kesehatan Padang juga mengakhiri kerja sama dengan Semen Padang Hospital pada awal Juni 2019. 

Saat ini, BPJS Kesehatan Padang memiliki 26 fasilitas kesehatan setelah berakhir kerja sama dengan RSI Siti Rahmah. Wilayah faskes BPJS Kesehatan Padang meliputi Kota Padang, Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Pesisir Selatan dan Mentawai. Terbaru BPJS Kesehatan Padang bekerja sama dengan RS Hermina.

(dnq)

Baca juga: Ingin Lanjut Kerja Sama dengan BPJS, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Faskes Mitra

Berita Terkait

Baca Juga