Politisi PDIP Tantang Gubernur Anies Naik Sepeda Tiap Hari

Politisi PDIP Tantang Gubernur Anies Naik Sepeda Tiap Hari Anies Baswedan

Covesia.com - Pemerintah Provinsi DKI sedang menggencarkan pembangunan jalur sepeda di Jakarta. 63 Km jalur sepeda ditargetkan kelar tahun ini. Namun Fraksi PDIP DPRD DKI pesimis dengan efektivitas jalur sepeda untuk mengurangi polusi dan macet, sembari menantang Gubernur Anies Baswedan untuk bersepeda setiap hari.

"Jakarta kan panas, beda dengan Belanda yang cuacanya dingin, bersepeda enak buat menghangatkan badan, menjadi sehat. Kalau Jakarta, tidak mungkin rasanya, saya sangat pesimis soal jalur sepeda," kata Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Gembong Warsono kepada wartawan, Jumat (6/12/2019).

Gembong baru akan menjadi optimis bila Gubernur Anies Baswedan memberikan teladan kepada jajarannya dan warga Jakarta dengan cara bersepeda ke Balai Kota Jakarta setiap harinya. 

"Tapi saya akan optimis kalau Pak Gubernur setiap hari naik sepeda. Dengan begitu orang akan berpikir bahwa akupun juga mau kalau Pak Gubernur naik sepeda," kata Gembong.

Anies kerap kali memang bersepeda. Namun demikian, Gembong tidak yakin dengan itu. "Itu kan cuma ecek-ecek naik sepedanya. Sekarang bukan eranya pencitraan, sekarang eranya mewujudkan janji politik supaya Jakarta menjadi lebih baik," kata Gembong.

Bagi dia, jalur sepeda adalah prioritas terakhir dalam pembangunan jalanan Jakarta. Yang paling penting adalah pembangunan transportasi massal yang terintegrasi. Yang kedua adalah pembangunan jalur pejalan kaki. Ketiga, barulah jalur sepeda.

"Kalau hari ini sudah bicara trotoar untuk pejalan kaki tapi angkutan umum belum tersedia dengan baik, yang mau jalan kaki siapa? Trotoarisasi berdampak penyempitan jalan, penyempitan jalan akan menimbulkan kemacetan," kritiknya.

(lif/dtc)

Berita Terkait

Baca Juga