Tanggapi Temuan Walhi, Polres Pessel: Tak Ada Pembiaran Pelaku Pembalakan dan Penambangan Ilegal

Tanggapi Temuan Walhi Polres Pessel Tak Ada Pembiaran Pelaku Pembalakan dan Penambangan Ilegal Kapolres Pessel, AKBP Cepi Noval saat diwawancara awak media beberapa waktu lalu. (Indra Yen)

Covesia.com - Kapolres Pesisir Selatan AKBP Cepi Noval mengatakan, bakal terus menindak tegas pelaku illegal logging dan illegal mining di daerah itu. Hal ini disampaikan Cepi menyikapi temuan Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sumbar terhadap dugaan pembiaran oleh aparat penegak hukum.

"Tidak ada pembiaran. Kita akan menindak tegas pelaku illegal logging dan illegal mining di wilayah hukum kita," tegasnya kepada Covesia.com, Kamis (5/12/2019)

Walhi Sumbar menyatakan, adanya indikasi pembiaran dari penegak hukum, sehingga masih marak terjadi tindak pembalakan dan penambangan ilegal, salah satunya di Kabupaten Pesisir Selatan.

"Lihat saja buktinya. Kami serius menindak tegas pelaku. Kan sudah saya tangkap. Buktinya, beberapa kayu hasil pembalakan liar berhasil kita amankan," katanya. 

Cepi menambahkan, pihaknya berkomitmen dalam upaya penegakan hukum secara tegas di daerah itu. 

"Siapa dan apapun yang tidak sesuai dengan hukum akan kita tangkap," ujarnya. 

Di sisi lain, lanjutnya, Polres Pessel meminta peran aktif dan kerja sama dari masyarakat Pessel dalam upaya penegakan hukum di daerah itu.

"Intinya, kita sampaikan kepada masyarakat, illegal logging dan Illegal mining itu tidak boleh. Apabila kedapatan dan ada informasi di lapangan akan kita tangkap. Siapapun yang bermain, pasti akan kita tindak," pungkasnya.

Kontributor Pessel: Indrayen

Berita Terkait

Baca Juga