Tiga Kunci Wirausaha Integritas, Profesional dan Kecerdasan

Tiga Kunci Wirausaha Integritas Profesional dan Kecerdasan Sejumlah mahasiswa Unes melakukan foto bersama dengan pemateri usai acara talkshow Enterpreneur, di Unes, Sabtu (30/11/2019).

Covesia.com-Sumatera Barat merupakan pusat kuliner diminati kebanyakan orang baik dalam maupun luar negeri. Tak tanggung-tanggung Sumbar bahkan mendapat apresiasi diantaranya tenunan, seni budaya, adat dan istiadat.

"Jadikanlah hal tersebut untuk pengembangkan ide wirausaha ke depannya," ungakap Dekan Pertanian Unes, I Ketut Budaraga dalam sambutannya saat talkshow wirausaha yang digelar mahasiswa Fakultas Pertanian Unes, Sabtu (30/11/2019).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa Fakultas Pertanian Unes terus mendorong dan mengembangkan kewirausahaan. "Dengan  lahirnya wirausaha muda dapat membuat pertumbuhan ekonomi masyarakat meningkat," ujarnya.  

Wirausaha itu bukan  hanya mencari dan menunggu peluang, tapi merupakan peluang create apportunities. "Untuk menjadi wirausahawan yang tangguh dan sukses tidak mudah. Seorang entrepreneur itu hendaknya punya ide, kreatif dan inovatif serta senang dengan terobosan, mempunyai keberanian mengambil resiko, tidak pasif, tetapi aktif mencari menemukan, sabar, ulet, pantang menyerah, siap untuk gagal," tambah I Ketut Budaraga. 

Tak hanya itu I Ketut Budaraga menyebutkan seorang wirausaha tumbuh bukan karena bantuan dana atau pinjaman permodalan. "Mereka, entrepreneur maju dan berkembang karena kegigihannya berusaha. Modalnya dari diri sendiri, ulet dan gigih berusaha, kalau modal nantinya akan datang dengan sendirinya, kalau usaha kita sudah maju dan berkembang, para wirausaha pemula tidak harus membentuk koperasi, tapi berkolaborasi dengan koperasi yang sudah ada, sehingga koperasi menjadi lebih berkualitas," ujarnya.

Saat ini banyak orang yang bekerja keras, tetapi tidak memiliki jiwa kewirausahaan, tidak berhasil. Menurut Ciputra kata I Ketut Budaraga ada tiga prinsip utama dalam kewirausahaan yaitu integritas, profesionalisme dan kecerdasan.

Ia mengharapkan calon wirausaha muda terus berusaha, berupaya, dengan inilah bisa merubah nasib masa depan. Bagi yang ingin sukses bergabunglah dengan orang yang optimis, berfikir positif, jiwanya tenang dan mau bekerja untuk mencapai suskses. 

I Ketut Budaraga berharap Fakultas Pertanian lebih baik lagi di masa datang, dan memberikan kontribusi bagi masyarakat Sumatera Barat dan telah melahirkan orang-orang berbakat dan wirausahawan muda yang berkecimpung dalam dunia bisnis.

Seorang wirausahawan muda mampu bersaing dengan dunia luar, maju dan berkembang dengan kemampuan digital marketing, promosi barang cukup melalui media sosial, Websiote dan sebagainya.

"Sudah saatnya sekarang genarasi muda lebih mengembangkan diri di bidang non pemerintahaan, jangan berharap untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) buka lapangan kerja sendiri," tutupnya.

Kontributor: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga