KPU Cari "Identitas" Baru untuk Pilkada Sumbar

KPU Cari Identitas Baru untuk Pilkada Sumbar Logo KPU

Covesia.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat tengah mencari identitas atau tema baru untuk Pemilu kepala daerah di provinsi itu, menggantikan yang lama yaitu Pemilu Badunsanak.

"Identitas atau tema yang tepat diharapkan bisa menjadi daya tarik juga bagi masyarakat untuk ikut berpartisipasi sebagai pemilih," kata Ketua KPU Sumbar, Amnasmen di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan saat ini pihaknya tengah menyusun tema, termasuk jingle atau dendang serta maskot untuk dijadikan identitas pilkada 11 kabupaten, dua kota dan provinsi Sumbar.

Amnasmen menyebut identitas Pilkada Sumbar yang baru itu rencananya akan diluncurkan pada akhir Desember 2019. Namun jadwal itu kemungkinan diundur.

"Mungkin kita luncurkan pada Januari 2020 bersama KPU RI," ujarnya.

Ia berharap dengan hadirnya KPU RI, momentum Pilkada Sumbar itu betul-betul dirasakan masyarakat.

Sebelumnya dalam beberapa "edisi" Pilkada di Sumbar, tema yang diapungkan hampir selalu sama yaitu Pemilu Badunsanak. Tema itu seakan telah menjadi identitas tidak tergantikan.

Meski demikian tetap ada kritik terhadap tema itu karena kata Badunsanak atau bersaudara dalam Pilkada yang sarat dengan persaingan bahkan dibumbui kampanye negatif atau malah kampanye hitam, tidak cocok dengan gambaran kata badunsanak.

(ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga