Psikolog: Pelaku Pedofil di Padang Diduga Alami Amygdala

Psikolog Pelaku Pedofil di Padang Diduga Alami Amygdala Kasandra Putranto (Antara)

Covesia.com - Nasib malang dialami oleh T (12) seorang bocah di Padang pada pertengahan 2018 lalu. Di usianya yang belia ia menjadi korban pedofilia seorang terduga pelaku inisial AR (50), yang merupakan tetangganya sendiri. 

Menanggapai hal tersebut, Psikolog Klinis dan Forensik, Kasandra Putranto menduga ada masalah riwayat masa lalu dari korban kekerasan seksual tersebut sehingga tega melakukan aksi bejatnya.

Ia mengatakan, pelaku diduga mengalami gangguan sistem dalam otak yang disebut amygdala (Dipercayai merupakan bagian otak yang berperan dalam melakukan pengolahan dan ingatan terhadap reaksi emosi).

Dijelaskannya, seseorang yang mengalami Amygdala memiliki kecenderungan untuk melakukan kekerasan "tanpa hati" di luar batas kemanusiaan.

"Pada beberapa literatur ada dugaan gangguan CA pada bagian amygdala," tutur Kasandra dalam perbincangan melalui WhatsApp dengan Covesia.com, Kamis (28/11/2019).

Meski demikian, Kasandra menyatakan masih perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan terhadap diri pelaku untuk mengetahui lebih jauh terkait yang melatari perilaku bejat yang dilakukannya.

"Tapi Harus ada pemeriksaan lebih lanjut terhadap pelaku. Apalagi dia menikah ada punya anak," ujar wanita kelahiran 17 Januari 1968 silam yang telah puluhan tahun berkecimpung dalam bidang psikologi ini.

Sebelumnya, Kasadra mengaku miris dengan kejadian tersebut. Dirinya pun meminta agar pelaku dapat dihukum berat atas tindakan bejat yang dilakukan kepada korban.

"Hukuman yang sudah diatur adalah kebiri kimia. Walaupun masih ada kontroversi," ujar Kasandra dalam perbincangan via pesan WhatsApp dengan Covesia.com, Kamis (28/11/2019).

(adi)

Berita Terkait

Baca Juga