Pemerintah Diminta Tak Hanya Buat UU Terkait Kekerasan Seksual Anak, Tapi Juga Petunjuk Pelaksananya

Pemerintah Diminta Tak Hanya Buat UU Terkait Kekerasan Seksual Anak Tapi Juga Petunjuk Pelaksananya Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Covesia.com - Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi atau yang kerap disapa Kak Seto menyebutkan bahwa pemerintah harus menindak tegas pelaku kekerasan seksual terhadap  anak.

Menurut Kak Seto seharusnya pemerintah tidak hanya membuat Undang-Undang namun juga membuat petunjuk pelaksana terhadap peraturan tersebut.

"Contohnya soal kebiri, bagaimana proses mengkebiri tersebut harus dijelaskan dengan bagaimana," ungkap Kak Seto saat dihubungi Covesia.com melalui telepon, Kamis (28/11/2019).

Ia mengatakan sebaiknya hukum kebiri dilakukan atas permintaan pelaku yang telah melalui proses penyadaran dengan bimbingan psikolog.

"Yang tidak disetujui IDI ini adalah kebiri dengan paksaan karena hukuman namun beda cerita ketika itu permintaan dari pelaku. Ini sudah diterapkan di Inggris," tambah Kak Serto.

Sebelumnya Kak Seto mengatakan anak yang menjadi korban kekerasan seksual harus mendapat perhatian serius dari keluarga, lingkungan dan bahkan negara.

Hal itu disampaikan pria yang kerap disapa Kak Seto ini menanggapi pemberitaan terkait T(12) korban kekerasan seksual dari terduga pedofil 50an tahun yang mengakibatkan T terkena penyakit kanker retrum stadium 4.

Menurut Kak Seto jangan sampai kita hanya sibuk menghujat dan memburu pelaku saja namun juga memberi perhatian khusus kepada korban.

Baca: Kak Seto Minta Pemerintah Bantu Pengobatan Korban Pedofil di Padang

(utr)

Berita Terkait

Baca Juga