Soal Rujukan T ke RSCM, RSUP M Djamil: Secara Prosedural Kami Masih Mampu Menangani

Soal Rujukan T ke RSCM RSUP M Djamil Secara Prosedural Kami Masih Mampu Menangani Pejabat Pemberi Informasi RSUP M Djamil Padang, Gustafianof. Foto Covesia/ Laila Marni

Covesia.com - Kondisi terakhir bocah korban pedofilia di Padang sangat memprihatinkan. Selain telah divonis terkena kanker rektum stadium 4, T (12) harus terbaring lemah di rumahnya sambil menahan sakit yang diderita. 

Kondisi ini menyentak perhatian banyak pihak, termasuk Komunitas Pemuda Padang Berhijrah. Pendamping T, Winna Wahyuni saat ini mengupayakan agar korban dapat diobati di RSUPN Dr.Cipto Mangunkusumo, Jakarta. 

Baca: Belum Dapat Surat Rujukan, Bocah Korban Pedofil di Padang Diupayakan Berobat ke RSCM

Namun, dari sisi lain, RSUP M Djamil Padang sampai saat ini tidak dapat mengeluarkan surat rujukan dari jalur BPJS lantaran masih mampu dan memiliki peralatan yang lengkap untuk menangani kondisi penyakit pasien T. 

"Kami sedang tidak menghalang-halangi T untuk dirujuk ke RSCM, namun dari prosedur BPJS, RSUP M Djamil masil mampu menangani kondisi pasien T," ungkap pejabat pemberi informasi RSUP M Djamil Padang, Gustafianof kepada Covesia, Kamis (28/11/2019).

Menurut Gustafianof, dalam prosedur BPJS, RSUP M Djamil sebagai Rumah Sakit Utama belum bisa memberi rujukan ke tingkat RS Nasional, salagi masih memiliki kemampuan dan fasilitas untuk menangani pasien.

"Pendamping T sudah meminta surat rujukan jalur mandiri. Jika jalur mandiri, tentu RSUP bisa memberi rujukan, namun dengan konsekuensi biaya pribadi," sebutnya.

Nof menambahkan, T dirawat di RSUP M Djamil diperkirakan sejak September 2019. Sejak dirawat, tim dokter telah melakukan serangkaian pengobatan yang dinilai perlu dilakukan.

"Sejauh ini, T sudah mendapat 2 kali kemoterapi," pungkasnya.

(rdk)

Berita Terkait

Baca Juga