Dompet Dhuafa Lakukan Pemberdayaan Ekonomi Petani Kopi di Kabupaten Solok

Dompet Dhuafa Lakukan Pemberdayaan Ekonomi Petani Kopi di Kabupaten Solok Lounching rumah pengolahan kopi Dompet Dhuafa Singgalang di Kabupaten Solok, Kamis (21/11/2019)(Foto: covesia/ Laila)

Covesia.com - Untuk pengentasan kemiskinan di Sumatera Barat, khususnya di kabupaten Solok, Dompet Dhuafa Singgalang melounching pemberdayaan ekonomi zakat produktif petani kopi berdaya di Jorong Kubang Nan Duo Kecamatan Payung Sekaki kabupaten Solok.

"Kemiskinan bukan karena tidak memiliki aset, tapi ketidakmampuan mengelola aset, itulah yang terjadi di sini," ungkap Manager Ekonomi Dompet Dhuafa, Tri Urdhi Kurniawan, kepada wartawan, Kamis (21/11/2019).

Lebih lanjut Tri mengatakan bahwa petani masih jauh dari kata sejahtera. "Dompet Dhuafa hadir untuk Petani Cirubuih Indah Nan Jaya Kabupaten Solok untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan pendapatan petani," ujarnya.

Ia menyampaikan bahwa nagari Sirukam ini merupakan salah satu daerah pertanian unggulan di Sumatera Barat. Termasuk untuk komoditas kopi arabikanya.

Luas perkebunan kopi lebih dari 40 Ha, sedangkan yang sudah produksi seluas 10 Ha. Diperkirakan sekitar 6 bulan dari Mei 2019, luas lahan kopi yang akan produksi bertambah sekitar 5 Ha.

Potensi produksi buah kopi (cherry) arabika sekitar 2,4 ton/Ha/bulan (untuk populasi 2.500 pohon/Ha) yang terletak pada ketinggian 1200 – 1500 mdpl.

"Kami memberikan bantuan 350 juta untuk pengolahan berupa alat dan mesin dan dilakukan pendampingan kepada para petani selama 1 tahun," ungkapnya.

Ia mengatakan dengan adanya pendampingan pada petani produk  yang dihasilkan harus terbaik. Market untuk pemasaran juga harus ada pun aset harus dikembangkan.

"Semoga ini berdampak baik bagi masyarakat Solok. Ke depan dibutuhkan dukungan dari pemerintah berupa bibit kopi dan alokasi dari Pemprov dan Pemda," harapnya.

Saat ini penerima manfaat program ini ada 25 kepala keluarga dan diharapkan bisa terus bertambah. 

Kontributor: Laila Marni


Berita Terkait

Baca Juga