RSUP M Djamil: Biaya Perawatan dan Pengobatan Khalif Telah Lunas

RSUP M Djamil Biaya Perawatan dan Pengobatan Khalif Telah Lunas Dewi Suryani, orang tua Muhammad Khalif bayi enam bulan. Sumber: istimewa

Covesia.com - Muhammad Khalif Putra, bayi enam bulan putra dari Dewi Suryani warga Pulau Air, kecamatan Padang Selatan, Kota Padang meninggal dunia diduga akibat penyakit kelenjar getah bening yang dideritanya. Khalif sempat dioperasi dan dirawat di ruang khusus anak di RSUP M Djamil selama 5 hari, hingga biaya yang ditanggung pasien umum ini mencapai Rp24 juta.

Biaya puluhan juta ini bisa disebut sebagai awal "keributan bawa paksa jenazah bayi" yang melibatkan instansi rumah sakit dengan sekumpulan pengemudi ojek online di Padang. Sebagian "keributan" itu sudah terurai, meski masih menyisakan ketidakpastian soal langkah hukum yang akan ditempuh RSUP terkait peristiwa bawa paksa itu.

Pejabat Pemberi Informasi RSUP M Djamil Padang, Gustafianof, kepada Covesia.com, Rabu (20/11/2019) mengatakan jika soal urusan biaya perawatan telah selesai ditanggulangi.

"Biaya operasi, perawatan dan pengobatan Khalif telah dilunasi oleh berbagai pihak, termasuk dari internal RSUP M Djamil," katanya.

Gustafianof menyebut, selain dari pihak luar seperti Baznas Padang, biaya yang harus ditanggung keluarga khalif juga telah dibantu oleh direksi RSUP M Djamil.

"Ada beberapa orang direksi RSUP M Djamil yang membantu kekurangan biaya Khalif selama di sini," ungkapnya.

Dia mengatakan, pihaknya juga sudah memberi saran kepada pihak keluarga Khalif untuk meminta bantuan ke Basnaz Kota Padang jika kesulitan soal biaya di rumah sakit.

"Saran ini juga sudah kami sampaikan, agar dapat membantu meringankan beban orang tua Khalif," tambahnya.

Sementara itu, menyoal tindakan bawa paksa jenazah Khalif oleh driver Ojol, kata Gustiafianof, pihak RSUP M Djamil masih melakukan pertimbangan khusus, apakah peristiwa itu akan dibawa ke ranah hukum atau tidak. 

"Kami memahami juga, jika para diriver Ojol itu tidak memahami aturan rumah sakit," katanya.

(rdk)

Baca: Soal Tindakan Hukum ke Driver Ojol, RSUP M Djamil: Masih Dalam Pertimbangan Khusus

Baca: RSUP M Djamil Bakal Polisikan Driver Ojol, Ini Tanggapan Gojek

Baca: Berutang Rp24 Juta, Jenazah Bayi 6 Bulan Dibawa Paksa Driver Ojol dari RSUP M Djamil

Baca: Jawaban Pihak RSUP M Djamil Soal Informasi Jenazah Bayi Tertahan Karena Utang Rp24 Juta

Baca: Tanggapan Sosiolog Soal Aksi Solidaritas Driver Ojol Nekat Bawa Jenazah Bayi Khalif

Berita Terkait

Baca Juga