Lindungi Pantai dari Abrasi, Kepala BNPB Anjurkan Warga Kumpulkan Biji Pohon Pinago

Lindungi Pantai dari Abrasi Kepala BNPB Anjurkan Warga Kumpulkan Biji Pohon Pinago Kepala BNPB, Doni Monardo saat berdiskusi dengan salah seorang tokoh masyarakat yang tinggal di kawasan bibir Pantai, desa Ampalu, kota Pariaman, Kamis (7/11/2019)(Foto: humas bnpb)

Covesia.com - Kepala Badan Nasional Penanggulanagan Bencana (BNPB), Doni Monardo dalam kunjungan ke Kota Pariaman, menganjurkan agar warga yang berada di pesisir pantai kota tersebut, untuk mengumpulkan biji Pohon Pinago (Beringin Pantai).

"Setelah dikumpul, kemudian dibibitkan. Nanti akan saya hargai dengan bentuk uang biaya lelah masyarakat," sebut Doni, saat berada di Penangkaran Penyu, Desa Apar, Kecamatan Timur, Kota Pariaman, pada Kamis (7/11/2019).

Lanjut Doni, untuk harus dikumpulkan sebanyak mungkin. Selain itu, pihaknya bersama Walikota Pariaman, serta unsur dari TNI dan pihak terkait, juga akan ikut mengumpulkan sebanyak mungkin biji buah pinago tersebut. 

"Kemudian, bersama komoditas pecinta alam yang ada di sini, akan kami bibitkan buah itu," ujar Doni. 

Dikatakan Doni, setelah itu bibitnya akan dibagikan kepada masyarakat,  yang berada diwilayah pesisir pantai,  Sumbar, atau di daerah lainnya juga.

Hal itu kata Doni, adalah salah satu upaya untuk bisa melindungi pantai dari abrasi. 

"Saya berharap, solusi ini bisa permanen menghentikan abrasi. Karena pinago ini akarnya sangat kuat menahan gelombang. Kemudian, umur pohon tersebut, bisa sampai puluhan tahun," katanya. 

Ia mengajak, untuk mensukseskan solusi ini bukan hanya dari pemerintah daerah saja yang terlibat. Tapi juga masyarakat semuannya, agar Sumbar yang akan datang, bisa menikmati kembali pantai yang indah.

"Tapi yang terpenting, bagaimana menghadapi alam ini. Dengan begitu, semoga ke depannya, Kota Pariaman, bisa menginspirasi kota lain yang rawan terjadi abrasi," ungkap Doni.

Kontributor: Peri Musliadi

Berita Terkait

Baca Juga