PDAM Bisa Layangkan Gugatan ke 'SMS'

PDAM Bisa Layangkan Gugatan ke SMS Produk SMS yang disegel Polisi (Foto: Antara)

Covesia.com - Pakar Hukum Pidana Universitas Islam Indonesia (UII) Mudzakkir menilai Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) dapat melayangkan gugatan kepada perusahaan air minum kemasan merek Sumber Minuman Sehat (SMS).

Hal ini dikarenakan SMS mengunakan air PDAM untuk produknya tanpa izin dan mencantumkan nama PDAM dalam kemasannya.

"ini penipuan terhadap konsumen, kemudian PDAM juga dan PDAM bisa menggugat yang bersangkutan," kata Mudzakkir kepada Covesia.com melalui telepon, Kamis (7/11/2019).

Sebelumnya diketahui Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat menyegel pabrik minuman kemasan merek Sumber Minuman Sehat (SMS) di Kabupaten Padang Pariaman karena diduga mengunakan sumber air PDAM bukan dari mata air Gunung Singgalang yang seperti ditulis dalam kemasan produk.

Pelaku akan disangkakan pasal 144 jo pasal 100 ayat (2) Undang Undang Pangan nomor 18 tahun 2012 dan pasal 62 ayat 1 jo pasal 8 1 huruf d Undang Undang nomor 8 1999 tentang Perlindungan Konsumen dengan ancaman pidana kurungan di atas lima tahun.

Dengan barang bukti yang disegel dari pabrik yakni pipa yang terhubung ke PDAM. Kemudian gudang SMS di kawasan Pondok, Padang Barat, Kota Padang sebanyak 1.720 galon air kemudian kemasan isi 1.500 mili liter sebanyak 480 dus dan kemasan 600 mili liter sebanyak 1.372 dus dan isi 330 mili liter 545 dus.

(ant/utr)

Berita Terkait

Baca Juga