Mengukur Pengaruh Amien Rais dalam Penentuan Koalisi PAN di Pilpres 2024

Mengukur Pengaruh Amien Rais dalam Penentuan Koalisi PAN di Pilpres 2024 Amien Rais

Covesia.com - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyebut akan membahas soal Pilpres 2024 dalam pertemuan dengan PDIP dan NasDem. Pengamat politik Rico Marbun menilai pengaruh Dewan Kehormatan PAN Amien Rais tak akan hilang dalam penentuan arah koalisi PAN di Pilpres 2024 mendatang.

"Tidak mungkin pengaruh Amien Rais itu akan hilang. Ketika Prabowo masuk ke dalam kabinet Jokowi saja, restu Amien Rais jelas disebut dan ditunggu," kata Rico kepada wartawan, Rabu (6/11/2019).

Pengaruh kuat dari Amien Rais disebut Rico juga terlihat dalam penentuan koalisi PAN pada Pilpres 2019 lalu. Jika melihat kedekatan antara Amien dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan kedekatan Prabowo dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, menurut Rico, Amien akan lebih merestui bergabungnya PAN dengan PDIP daripada dengan NasDem.

"Ya jelas perlu (restu Amien Rais). Contohnya pada pilpres lalu, walaupun Ketum Zulhas sangat ramah dan dekat dengan Jokowi, tapi Amien Rais pengaruhnya sangat kuat sehingga dukungan ke Prabowo relatif bulat. Kalau melihat restu dan kedekatan Prabowo dengan Mega, rasanya Amien akan lebih memilih mendekat ke PDIP ketimbang ke NasDem," ujar Rico.

Namun demikian, Rico menilai PAN akan terbuka untuk berkoalisi dengan semua partai politik. Direktur Eksekutif Median itu mengatakan saat ini sudah tak ada lagi dikotomi koalisi dan oposisi.

"Kenyataannya kalau melihat cara partai bersepakat dalam UU KPK, semua partai saat ini saling terbuka untuk kerjasama. Tidak ada lagi dikotomi oposisi vs koalisi," ungkap Rico.

Lebih lanjut, Rico mengatakan yang menarik untuk ditunggu selain restu Amien Rais adalah pimpinan tertinggi PAN ke depan. Pimpinan PAN ini, kata Rico, penting untuk keputusan koalisi dan mengimbangi peran pimpinan parpol lain, seperti Ketum NasDem Surya Paloh. 

"Yang harus ditunggu menurut saya untuk PAN siapa yang akan memegang tampuk kepemimpinan PAN, apakah masih Zulhas atau ada penggantinya. Karena kan posisi Surya Paloh di NasDem jelas jauh lebih kuat dibanding posisi Zulhas di PAN. Iya (pimpinan PAN penting untuk koalisi), karena kepastian posisi dan pengaruh ketum di NasDem dan PAN jelas berbeda," ungkap Rico.

"Riilnya begitu (Surya Paloh lebih kuat). Posisi Surya Paloh mirip dengan posisi Prabowo di Gerindra, SBY di Demokrat, dan Mega di PDIP. Jadi posisi NasDem sebagai motor salah satu koalisi melawan PDIP itu jelas lebih mantap, karena tidak akan ada perubahan signifikan pada tokoh elitenya, ketimbang posisi PAN," lanjut dia.

Sebelumnya, PAN memastikan akan mengadakan pertemuan dengan Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan PDIP. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan salah satu hal yang akan dibahas dalam pertemuan dengan dua partai itu, yakni tentang Pilpres 2024.

"Kalau silaturahmi partai lain itu kan pasti, namanya partai politik. Mulai lihat-lihat nanti bagaimana. Kan 2024 sebentar nyampe, itu nggak terasa, kan banyak yang dibicarakan, UU (undang-undang) juga," ujar Zulkifli di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (5/11).

Bahkan Zulkilfli menyebut NasDem dan PDIP ingin bekerja sama dengan PAN di Pilpres 2024. "PDIP juga kok, sama aja," sebutnya ketika ditanyai kemungkinan NasDem berkoalisi dengan PAN di Pilpres 2024. 

(lif/dtc)


Berita Terkait

Baca Juga