Sekjen PAN Soal Zulkifli Bahas Pilpres 2024: Terlalu Dini Bicara Koalisi Pilpres

Sekjen PAN Soal Zulkifli Bahas Pilpres 2024 Terlalu Dini Bicara Koalisi Pilpres Zulkifli Hasan

Covesia.com - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyebut akan membahas soal Pilpres 2024 dalam pertemuan partai berlambang matahari putih itu dengan PDIP dan NasDem. Namun, Sekjen PAN Eddy Soeparno menyatakan terlalu dini untuk bicara soal koalisi dalam Pilpres 2024.

"Pilpres 2024 masih jauh. Kita fokus membesarkan partai dulu. Terlalu dini bicara koalisi pilpres. Masih banyak agenda kerakyatan yang perlu kita tunaikan di tahun-tahun yang akan datang," kata Eddy saat dikonfirmasi, Rabu (6/11/2019).

Meskipun demikian, Eddy menyebut komunikasi PAN dengan pimpinan parpol lain berjalan baik. Eddy mengaku PAN siap untuk berdialog dengan semua pihak untuk memperjuangkan kepentingan publik.

"Kita selalu berkomunikasi dengan baik dengan semua pimpinan parpol. Kalau tujuannya untuk memperjuangkan kepentingan publik dan demi merah putih, tentu PAN siap berdialog dengan semua pihak, baik parpol, ormas, kalangan akademisi, dan lain-lain," ujarnya.

Ketua DPP PAN Yandri Susanto mengatakan semua kemungkinan bisa saja terjadi dalam pemilu. Namun, Yandri menyatakan hingga saat ini belum ada pembicaraan soal koalisi Pilpres 2024 di internal partainya.

"Pemilu masih lama, semua kemungkinan bisa terjadi. Belum ada pembicaraan tentang koalisi, PAN ingin menjalin hubungan baik dengan semua partai," ucap Yandri. 

Sementara itu, Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay mengatakan masih cukup waktu untuk menjalin komunikasi dengan semua partai. Namun, Saleh mengaku soal koalisi PAN di Pilpres 2014 memang belum diputuskan saat ini.

"Soal koalisi, saya kira belum bisa diputuskan sekarang. Masih ada waktu yang sangat luang untuk melakukan penjajakan. Yang jelas, jika telah ada komunikasi sejak awal, pada saatnya nanti akan lebih mudah untuk menentukan langkah-langkah berikutnya," jelas Saleh.

Sebelumnya diberitakan, PAN memastikan akan mengadakan pertemuan dengan Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan PDIP. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan salah satu hal yang akan dibahas dalam pertemuan dengan dua partai itu, yakni tentang Pilpres 2024.

"Kalau silaturahmi partai lain itu kan pasti, namanya partai politik. Mulai lihat-lihat nanti bagaimana. Kan 2024 sebentar nyampe, itu nggak terasa, kan banyak yang dibicarakan, UU (undang-undang) juga," ujar Zulkifli di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (5/11).

Bahkan Zulkilfli menyebut NasDem dan PDIP ingin bekerja sama dengan PAN di Pilpres 2024. "PDIP juga kok, sama aja," sebutnya ketika ditanyai kemungkinan NasDem berkoalisi dengan PAN di Pilpres 2024. 

(lif/dtc)

Berita Terkait

Baca Juga