Polres Agam Tilang 707 Pengendara Pada Operasi Zebra Singgalang, 477 Diantaranya Pelajar

Polres Agam Tilang 707 Pengendara Pada Operasi Zebra Singgalang 477 Diantaranya Pelajar Operasi Zebra Singgalang Polres Agam (Foto|: Johan/Covesia)

Covesia.com - Selama  Operasi Zebra Singgalang  2019, Satuan  lalu-lintas  (Satlantas) Polres Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) keluarkan 707 lembar Surat tilang dan memberikan 200 teguran.

Kapolres Agam AKBP Dwi Nur Setiawan S.Ik MH didampingi kasat Lantas AKP Dedi Antoni SH dan Paur Tilang Bripda Nico Perosa mengatakan,  untuk jumlah pelanggaran masih didominasi kendaraan  roda 2 dengan  596 bukti pelanggaran sementara itu kendaraan roda 4 dengan jumlah 153 lembar.

“Untuk jenis pelanggaran roda 2 terdiri dari 360 pelanggaran mengemudi  kendaraaan dibawah batas usia, tidak menggunakan Helm sebanyak 216 kasus dan 20 mengemudi dengan melawan arus. Sementara itu pelanggaran pengemudi roda 4 seluruhnya tidak mengenakan sabuk pengaman saat mengemudi,” ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com Selasa (5/11/2019).

Sementara itu jika dilihat dari sisi usia pelanggaran lalu-lintas masih didominasi usia produktif dibawah 25 tahun dengan jumlah 477 pengemudi dengan kesalahan terbanyak  tidak memiliki surat izin mengemudi dan tidak menggunakan helm standar.

"Untuk bukti pelanggaran kita menyita 223 lembar SIM, 424 STNK dan 60 unit kendaraan,” lanjutnya.

Untuk kecelakaan lalu-lintas selama operasi Zebra Singgalang 2019 hanya 5 kasus dengan korban jiwa sebanyak 1 orang,l 7 luka, dan kerugian maretil sebesar Rp 4.900.000.

“Jumlah kasus terbilang sedikit dika dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya, kita berharap dengan terlaksananya operasi Zebra ini bisa meningkatkan kesadaran pen gemudi dalan berkendara serta bisa mematuhi aturan yang berlaku,” tutupnya.

(han)

Berita Terkait

Baca Juga