Pentingnya Melibatkan Masyarakat dalam Membangun Kesiapsiagaan Terhadap Ancaman Bencana

Pentingnya Melibatkan Masyarakat dalam Membangun Kesiapsiagaan Terhadap Ancaman Bencana

Covesia.com - Bencana merupakan urusan semua pihak. Untuk itu, sangat penting bagi seluruh elemen masyarakat dalam mengenal dan memahami ancaman yang ada disekitar tempat tinggal mereka. 

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo memberi pengarahan kepada siswa calon Dandim di Pusat Pendidikan Teritorial (Pusdikter), Cimahi, Jawa Barat. (1/11)

“Seorang Dandim harus dapat menjadi figur dan inspirator dalam memberikan pengetahuan seputar kebencanaan dan ancaman serta selalu melibatkan masyarakat dalam membangun sistem kesiapsiagaan, mitigasi dan pengurangan risiko agar dapat memberikan manfaat kepada masyarakat,” ujar Doni dalam keterangan pers yang diterima covesia.com, Sabtu (2/11/2019).

Melalui pengarahan ini diharapkan Dandim, figur yang memimpin pasukan terdepan dalam menolong masyarakat ketika terjadi bencana, sangat penting untuk mengetahui ancaman bencana yang ada di daerah tempat masing-masing Dandim ditugaskan dan dapat mencari solusi untuk mengatasi ancaman tersebut.

Deputi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB, Lilik Kurniawan juga menambahkan bahwa para siswa calon Dandim dapat menggunakan aplikasi InaRisk untuk mencari tahu ancaman yang ada disekitar tempat mereka bertugas.

Meninjau Kawasan Konservasi Taman Buru Masigit Kareumbi

Setelah memberikan pengarahan, Kepala BNPB, Doni Monardo beserta jajarannya menuju kawasan konservasi yang dikelola oleh Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri, Taman Buru Masigit Kareumbi di Cicalengka, Jawa Barat. (1/11)

Disambut oleh Ketua Dewan Pengurus Wanadri, Rafi Respati dan Manager Taman Buru Masigit Kareumbi (TBMK) Wanadri, Sandyakala Ningtyas menjelaskan kawasan 12 ribu hektar ini dikelola dengan fokus pada penanaman kembali dan sudah direplika oleh beberapa daerah lain seperti Garut dan Bekasi, serta menjadi tempat pendidikan karakter bagi para siswa-siswi yang ada di berbagai daerah.

“Kegiatan konservasi atau kegiatan lain yang bertujuan untuk melestarikan alam sangat diperlukan partisipasi masyarakat sehingga semakin banyak yang semakin peduli dengan kondisi lingkungan saat ini,” ungkap Doni. 

BNPB turut mendukung konsep wilayah konservasi Kareumbi. Diharapkan Wanadri dapat memperkuat kapasitas seluruh komponen yang memiliki kontribusi pada pelestarian alam.

Doni Monardo mengarahkan agar Wanadri dapat menjalin kerjasama dengan masyarakat dalam mendukung kegiatan konservasi dan lembaga usaha agar program serta kegiatan yang diselenggarakan oleh Wanadri dapat berjalan dengan maksimal dan didukung penuh oleh pemerintah provinsi, lembaga usaha serta masyarakat. 

(adi)

Berita Terkait

Baca Juga