Ngabalin Sebut Istana Tidak Perintahkan Dukun Amankan Pelantikan Presiden

Ngabalin Sebut Istana Tidak Perintahkan Dukun Amankan Pelantikan Presiden Ali Mochtar Ngabalin (Foto: detikcom)

Covesia.com -  Seorang dukun bernama Ki Sabdo melakukan ritual di MPR supaya pelantkan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin nanti aman terselenggara. Pihak Istana Kepresidenan mengaku tak memerintahkan dukun untuk mengamankan pelantikan Jokowi.

"Bukan arahan dari Istana," kata Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin dikutip detik.com, Sabtu (19/10/2019).

Dilihat di video viral, Ki Sabdo melakukan ritual di Gedung Nusantara V Kompleks Parlemen RI. Segala nama lelembut dia sebutkan, yakni Nyai Roro Kidul, Nyi Blorong, jin kayangan, dan lain-lain. Semua itu dia panggil untuk mengamankan pelantikan Jokowi-Ma'ruf pada Minggu (20/10) besok. Tentu saja klaim tentang jin itu tidak bisa dibuktikan. Terlepas dari kebenaran klaim itu, peristiwa kebudayaan semacam yang dilakoni Ki Sabdo itu lazim dijumpai.

"Bagi kami itu adalah ekspresi dari kegembiraan yang harus kita berikan apresiasi dan terima kasih," kata Ngabalin.

Ngabalin mengaku menjumpai hal serupa di tiga kota berbeda di Pulau Jawa. Dia menganggap itu adalah khas budaya Jawa, bahkan secara umum tiap-tiap suku di Indonesia punya kepercayaan yang mengandung aspek magis.

"Di beberapa tempat juga dilakukan hal serupa, di Jogja juga, saya mendapat telepon ada juga dari Solo yang melakukan hal itu, di Bandung juga begitu," kata Ngabalin.

"Itu artinya tanda Presiden Jokowi sangat membumi hingga level pegiat budaya. Apresiasi yang luar biasa, atas nama pemeritah, Pak Jokowi dan Pak Ma'ruf Amin, saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas ikhtiar-ikthiar yang dilakukan oleh kalangan budaya," kata pria asli Papua ini.

Sebelumnya, Pimpinan MPR menegaskan koordinasi pengamanan hanya dilakukan bersama TNI, Polri, dan BIN. MPR menegaskan tidak melibatkan dukun.

"Untuk menjaga keamanan Pimpinan MPR mengundang untuk koordinasi dengan Panglima TNI, Kapolri dan Kepala BIN, Setneg, dan aparat terkait, bukan dengan dukun atau ahli magic," kata Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid.

(dtc/dnq)

Berita Terkait

Baca Juga